PDA

View Full Version : Karya Sastra Indonesia Saatnya Mendunia


andi.teguh
9th October 2012, 08:35 PM
http://assets.kompas.com/data/photo/2011/03/21/1935417p.jpg

Para seniman hari Sabtu (21/7/2012) malam mendeklarasikan "Sastra untuk Indonesia Lebih Baik" yakni kegiatan sastra untuk memajukan, mencerdaskan dan mengharumkan citra Indonesia di mancanagara.

Deklarasi digelar di Kantor Perhimpunan Penulis Tionghoa Indonesia (Yin Hua Zuo Xie), Jakarta Barat dengan juru bicara Leonowens SP, sastrawan dunia yang dikenal dengan karyanya "Mahaphrana"

Ketua Yin Hua Zou Xie, Jeanne Laksana menyatakan, karya sastra Indonesia sudah saatnya mendunia dengan keciriannya. Untuk itu, tengah dirintis pula penerjemaahan karya sastra Indonesia kedalam bahasa Mandarin. Bersamaan dengan itu, digelar apresiasi karya sastra untuk buku "KADO", "Aura" dan "Kalau kau Rindu Aku" masing-masing karya Soesi Sastro dan Dharmadi.

"Karya sastra yang berhasil adalah karya yang mampu membawa nilai-nilai universalitas," ungkap Leonowens yang malam itu juga bertindak sebagai salah satu pembahas. Eksistensi secara teoritis, karya mereka, dipandang Leonowens berhasil menggabungkan beberapa tipografi dari teknik penulisan puisi. Puisi karya mereka adalah karya puisi untuk nilai-nilai dan bukan terbatas pada puisi untuk puisi saja.

Kelebihan lain karya Soesi Sastro adalah cenderung pendek atau minimalis, dan mempunyai patahan-patahan lafalan yang tidak jamak, contoh "Paris, Eiffel Tanpa Aku." Karya yang ditampilkannya dibuat alur demi alur tentang perjalanan kehidupan yang dilalui sehingga pembacanya menjadi semakin bisa memaknai puisi yang ditulis.

Di sini semakin nampak sebuah alur puisi yang mempunyai nilai keindahan. Mungkin juga karena perempuan ini dipengaruhi oleh aktivitasnya sebagai penggiat lingkungan hidup, sehingga proses pemaknaan yang ditulis lebih komprehensif.

Karya kontemporer

Pembahas lainnya Ari MP Tamba, karya kedua penulis tersebut memiliki kontemplasi yang kuat dalam stilistika sastra. Kekuatan pada rima, metafora, dan prologis puisi menjadi kekuatan dari karya Dharmadi dan Soesi Sastro, sehingga karya kedua orang ini layak dikatakan sebagai karya kontemporer yang baik.

Zhou Fuyuan, sastrawan Tionghoa membandingkan karya puisi sastra Indonesia dengan sastra Tionghoa, dua-duanya merenungkan tentang alam dan kehidupan manusia yang kuat. Katanya, puisi mereka dapat diterima dalam interpretasi sastra Tionghoa, tetapi cara memaknainya saja yang berbeda. Ini karena perbedaan latar belakang budaya kedua penulis tersebut dengan budaya Tionghoa.

Hadir pada acara tersebut, Free Hearty Doktor ahli sastra Timur Tengah, Nani Tanjung, seniman teater, Endang Werdiningsih, pimpinan majalah Kartini, Sutarno Sk sutradara, dan berbagai kalangan penulis di Indonesia. "Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara rutin untuk mengapresiasi karya-karya sastra Indonesia," tambah Jeanne.

sumber (http://oase.kompas.com/read/2012/07/22/1249344/Karya.Sastra.Indonesia.Saatnya.Mendunia)

jendralpanu
16th October 2012, 06:17 AM
karya -karya pamudya ananta noer udah mendunia

wildankurniadi
14th November 2015, 01:19 PM
pemuda indonesia harus bisa lebih berkarya secara optimal. guna membangun generasi bangsa yang mendatang lebih baik dari sebelumnya.

Silahkan yang mau buat toko online murah: jasa pembuatan toko online murah (https://wildan.info/jasa-pembuatan-toko-online-murah/)

retado
2nd December 2015, 01:38 PM
Saya juga berpikir saat ini dunia sastra di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan yang pesat dan memang sudah saatnya untuk dikenali dunia bahwa Indonesia juga memiliki karya sastra yang baik

wildankurniadi
7th December 2015, 02:07 AM
Maju terus sastrawan indonesia

ecallica
18th December 2015, 03:02 PM
Semoga sukses

ferryrinaldi
3rd April 2016, 02:38 AM
Setuju Mas sudah seharusnya Indonesia unjuk gigi di kancah persilatan dunia internasional

vinatalita
20th April 2016, 08:06 PM
Keren,,,,

biyuu
22nd April 2016, 11:34 AM
Kata2 "Saatnya mendunia" seakan-akan kita kemarin tertinggal, menurut gw si seharusnya mendunia sejak dahulu. :)

Vinanatsya
8th May 2016, 01:32 PM
Karya anak bangsa memang ok bangett,,,

lelawiro
10th August 2016, 06:17 PM
Di segala bidang indonesia sudah waktunya bangkit

sedrtuio
16th August 2016, 03:15 PM
memang karya anak mda Indonesia saat ini memang patutdiacungi jempol. semoga banyak muda mudi yang lebih berkarya.