PDA

View Full Version : Bahasa Indonesia Akan Menjadi Bahasa Resmi ASEAN


andi.teguh
16th October 2012, 08:35 PM
Bila tak ada halangan pada bulan September nanti, para delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assemby (AIPA) menggelar pertemuan lanjutan di Kamboja. Yang menarik, dalam pertemuan itu akan diputuskan, apakah bahasa Indonesia akan menjadi bahasa resmi negara-negara ASEAN.

Hal ini terungkap dari pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang menjadi salah seorang delegasi Indonsia disela-sela pertemuan tingkat tinggi KTT. “Usulan (bahasa Indonesia bahasa resmi ASEAN) pada tahun lalu itu sudah diterima oleh seluruh delegasi. Karena apa, Thailand salah satunya menggunakan bahasa Indonesia, Filipina Selatan, Malaysia, Singapura, Brunei juga. Jadi hampir sebagaian anggota (ASEAN) berbahasa Indonesia,” kata Marzuki Alie.

http://cdn.beritaunik.net/wp-content/uploads/2011/05/ASEAN-Countries.jpg

“Begitu kita sampaikan, langsung bisa saling mengerti dan memahami,” ujarnya. Bahasa Indonesia dianggap layak menjadi bahasa resmi ASEAN. Apalagi, hampir di beberapa negara di Asia Tenggara akrab dengan bahasa Indonesia. Bahkan di Australia, Bahasa Indonesia dijadikan kurikulum di sekolah.

“Sudah sepantasnya begitu, bahasa Indonesia jadi bahasa resmi ASEAN. Karena dari jumlah pemakai, ya memang bahasa Indonesia yang terbanyak. Akan lebih besar jika ditambah Malaysia dan Brunei yang serumpun bahasanya,” kata aktivis sekaligus politisi PDI-P, Eva Kusuma Sundari.

Eva yakin, peluang Bahasa Indonesia disahkan menjadi Bahasa di ASEAN semakin besar. Alasannya, di Australia, dengan pertimbangan politis mengajarkan bahasa Indonesia menjadi kurikulum resmi. “Artinya, Bahasa Indonesia mempunyai peluang menjadi bahasa resmi dunia dan itu dimulai di ASEAN. Tak ada aliternatif bahasa lain selain bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN,” Eva meyakini.

sumber (http://www.beritaunik.net/unik-aneh/bahasa-indonesia-akan-menjadi-bahasa-resmi-asean.html)

jendralpanu
17th October 2012, 03:01 PM
banyak yang belajar bahasa indonesia donk nantinya , jangan2 ini karena melihat potensi indonesia sebagai pasar dan kekayaan indonesia yang melimpah untuk memasarkan produk negara-negara asean

CMIIW

rizky.adiyanto
17th October 2012, 04:59 PM
satu langkah menuju kejayaan indonesia, i like it :)

wengky
17th October 2012, 05:50 PM
Memang sepantasnya begitu.. cuma di indo aja masih ada yg suka ngomong kebule bulean, padahal bule aja ingin belajar bahasa indo

rizky.adiyanto
17th October 2012, 05:57 PM
gw miris liat orang2 indonesia yg 4l4y :skull:

sri.wahono
18th October 2012, 12:07 AM
gw miris liat orang2 indonesia yg 4l4y :skull:

sama bro tulisan campur aduk angka dan huruf...
tp ada positifnya sih bisa buat password yg handal dari tulisan 4l4y wkwkkwkwkwk

jendralpanu
18th October 2012, 08:58 AM
sama bro tulisan campur aduk angka dan huruf...
tp ada positifnya sih bisa buat password yg handal dari tulisan 4l4y wkwkkwkwkwk

jadi inget lagu nya lolita tea :D

saya_orang_paling_ganteng
11th December 2012, 05:09 PM
banyak yang belajar bahasa indonesia donk nantinya , jangan2 ini karena melihat potensi indonesia sebagai pasar dan kekayaan indonesia yang melimpah untuk memasarkan produk negara-negara asean

CMIIW

jelas itu gan (y)

admin
6th February 2014, 10:52 AM
^^^ banggganya jika ini memang sudah resmi ....

Hansen
9th February 2014, 05:37 PM
another prespective:
sebenarnya bukan bahasa Indonesia tetapi lebih tepatnya bahasa Melayu.
saya sudah pernah ke malaysia dan singapura, mereka memang sehari-hari menggunakan bahasa Melayu bercampur Inggris (terlihat pada papan petunjuk dan informasi lainnya).
saya juga pernah ke Thailand perbatasan dan berusaha berbicara bahasa Indonesia dengan mereka tetapi kebanyakan tidak bisa dan menjawab sedikit saja dalam bahasa Melayu.
memang sebenarnya bahasa Indonesia dan bahasa Melayu adik-kakak karena bahasa Indonesia sendiri berakar dari bahasa Melayu (Riau-Johor). tetapi menyebut bahasa resmi ASEAN adalah bahasa Indonesia agak sedikit berlebihan menurut saya. terlepas dari ada baiknya ASEAN memiliki 1 bahasa resmi yang sama, memahami bahasa dan budaya masing-masing negara anggota ASEAN akan lebih baik.

davidrahman
5th August 2014, 11:42 PM
yang bener nih gan ?? lama2 bisa menjadi saingan berat dari bahasa inggris nih