PDA

View Full Version : Cara Menjadi Manajer Terbaik (Efektif) 2 : Coaching


r1n2rd
20th June 2014, 02:20 PM
Cara Menjadi Manajer Terbaik (Efektif) 2 : Coaching (http://bankernote.com/cara-menjadi-manajer-terbaik-efektif-2-coaching/)
Definisi Coaching

The Webmaster Comprehensive Dictionary mendefinisikan kata kerja coach sebagai mengajar atau melatih, mempersiapkan dengan pelatihan dan pengulangan atau belajar dengan dilatih oleh seorang coach atau pelatih. Definisi ini tidak terlalu membantu kita karena arti ini tidak memberikan penjelasan apa-apa tentang bagaimana mengatasi keluhan nasabah secara efektif tapi hasilnya bawahan tersebut tetap melakukan kesalahan-kesalahan yang sama. Ada pepatah mengatakan.” Anda dapat membawa seekor kuda ke tepi sungai, tapi anda tidak bisa memaksanya untuk minum.” Dengan kata lain, anda dapat mengajar atau melatih seseorang tapi anda tidak dapat memaksanya untuk belajar.
http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/06/cara-menjadi-manajer-terbaik-dengan-coaching-1024x533.jpg (http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/06/cara-menjadi-manajer-terbaik-dengan-coaching.jpg) cara menjadi manajer terbaik dengan coaching
“Tantangan dari Coaching adalah membuat orang ingin terus meningkatkan kinerja mereka – tidak perduli dengan adanya tuntutan dan tekanan dari kehidupan organisasi”
Jadi Coaching adalah suatu proses untuk menolong orang untuk ingin terus meningkatkan kinerja mereka dan memaksimumkan potensi yang mereka miliki. Sebagaimana orang yang pernah memimpin dalam perusahaan tahu bahwa tantangan yang sebenarnya dari coaching adalah pada saat membuat orang ingin terus meningkatkan kinerja mereka tidak perduli dengan adanya tuntutan dan tekanan dari kehidupan organisasi.
Pengertian lain Coaching menurut (International Coach Federation / ICF)

‚ÄúPartnering with clients in a thought provoking and creative process that inspires them to maximize their¬* personal and professional potential‚ÄĚ
atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti
“BERPARTNER dengan coachee dalam proses pemikiran yang kreatif, untuk memberikan inspirasi pada coachee dalam MEMAKSIMALKAN POTENSI individu dan profesional mereka”
Coaching Model : Langkah-langkah Untuk Effective Coaching

http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/06/Cara-Menjadi-Manajer-Terbaik-Efektif-2-Coaching.jpg (http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/06/Cara-Menjadi-Manajer-Terbaik-Efektif-2-Coaching.jpg) Cara Menjadi Manajer Terbaik Efektif 2 Coaching
Untuk menambah ide-ide bagus untuk dapat mempraktekan coaching yang efektif, dibawah ini kami cantumkan langkah-langkah yang telah dicoba dan diuji untuk meningkatkan kemampuan anda agar berhasil melakukan coach:
1. Memastikan bawahan anda memahami hasil yang diharapkan dari mereka

Dalam performance Managemen Cycle, anda akan melihat bahwa langkah-langkah ini terjadi saat proses goal setting
2. Menentukan kinerja bawahan

Agar anda dapat membarikan bantuan yang cocok dan tepat waktu kepada bawahan anda, anda harus tahu tingkat kinerja mereka saat ini. Anda hanya dapat mengetahui kinerja seseorang melalui:

Formal observation : Dimana anda menjadwalkan waktu dan tempat untuk mengobservasi bawahan anda ketika bekerja, misalnya mengobservasi saat dia sedang mengatasi keluhan nasabah
Informal Observation : Dimana anda secara santai berjalan di tempat bawahan anda bekerja dan mengobservasi cara bekerja dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.
Formal Reports : Adalah status kerja mereka atau apa yang telah mereka capai.
Personel Records : Penilaian kerja yang lalu; pelanggaran terhadap kebijakan perusahaan; kemalasan dan absensi mereka; peringatan atau keluhan, dll
3. Bertemu dengan bawahan anda untuk mendiskusikan observasi anda (Coaching Session)

Sangat disarankan untuk menjadwalkan review tentang kinerja bawahan anda secara berkala. Buatlah jadwal untuk review tersebut pada saat anda dan bawahan anda tidak terlalu terganggu oleh tuntutan kerja.¬* Saat mengadakan pertemuan seperti itu, ingat hal-hal dibawah ini:

Mulai dengan suasana yang positif – pertemuan ini berhubungan dengan komitmen saya untuk memastikan bahwa anda telah berhasil melaksanakan tugas anda
Minta bawahan anda untuk menilai diri sendiri – harus meliputi kekuatan dan kelemahan.
Beri feedback tentang observasi anda terhadap kinerja bawahan selama periode waktu tertentu – mulai dengan hal-hal yang positif dan kemudian mengenai hal-hal yang perlu ditingkatkan.
4. Bila ada masalah, buat orang bisa menerima dan tentukan penyebabnya.


Jelaskan kesalahan yang terjadi selama observasi dengan istilah-istilah yang terukur. Anda tidak akan pernah tahu apakah anda telah berhasil mengubah seseorang bila anda tidak dapat mengukur perubahan tersebut.
Buat bawahan anda bisa menerima kalau dia sedang menghadapi masalah. Bila dia tidak dapat menerima kesalahan tersebut anda tidak akan bisa mengubahnya. Minta dia untuk mencari penyebabnya.
5. Menentukan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja

http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/06/cara-menjadi-manajer-efektif-coaching-1024x984.jpg (http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/06/cara-menjadi-manajer-efektif-coaching.jpg) cara menjadi manajer efektif – coaching


Libatkan bawahan dalam menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk memecahkan masalah
Tawarkan bantuan anda bila perlu (bila diminta, katakan dan kemudian tunjukan, cara yang tepat. biarkan dia melakukan nnya, observasi dan kemudian koreksi kesalahan sampai dia berhasil)
6. Rencana follow up untuk pengembangan


tentukan waktu untuk dapat saling menilai bagaimana bawahan bekerja. Dengan melakukan ini berarti anda telah mengatakan pada bawahan anda bahwa anda serius ingin membuatnya berhasil dan dapat meningkatkan diri.
Pada artikel berikutnya akan kami jelaskan bagaimana memberikan performance feedback yang efektif serta praktek-praktek dari manajer terbaik saat melaksanakan coaching


Cara Menjadi Manajer Terbaik (Efektif) 2 : Coaching (http://bankernote.com/cara-menjadi-manajer-terbaik-efektif-2-coaching/)