PDA

View Full Version : Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Bank BNI


r1n2rd
2nd August 2014, 12:37 PM
Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Bank BNI (http://bankernote.com/strategi-pemasaran-produk-dan-jasa-bank-bni/) Sejalan dengan model bisnis BNI yang memanfaatkan pendekatan customer centric, strategi pemasaran BNI, terutama di segmen konsumer dan ritel, dirancang berdasarkan pemahaman atas kebutuhan para nasabah sepanjang siklus kehidupannya.
http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/07/Strategi-Pemasaran-Produk-dan-Jasa-Bank-BNI-1024x585.jpg (http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/07/Strategi-Pemasaran-Produk-dan-Jasa-Bank-BNI.jpg)
Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Bank BNI

Intensitas persaingan yang semakin ketat di sektor perbankan menuntut BNI untuk senantiasa melakukan inovasi vaik dalam hal produk maupun layanan. Aspek penting lainnya yang juga menuntut inovasi adalah pemasaran. Dibutuhkan kreativitas tersendiri untuk memperkenalkan suatu produk atau layanan baru kepada nasabah sehingga nasabah dapat menerima produk atau layanan baru dengan baik. Strategi pemasaran di segmen Konsumer & Ritel disusun berdasarkan pemahaman atas kebutuhan atau keinginan (voice of customer) nasabah BNI. Hal ini didukung dengan riset untuk mendapatkan customer insight sehingga dapat diperoleh masukan yang relevan terhadap kebutuhan pasar. Pemahaman tersebut kemudian diterjemahkan menjadi produk atau layanan yang dibutuhkan, dikomunikasikan melalui program pemasaran dan media yang fokus pada masing-masing target segmen nasabah yang dituju, dan akhirnya dijual atau didistribusikan melalui jalur distribusi yang sesuai bagi masing-masing target segmen tersebut.
Program-program pemasaran produk konsumer dan ritel dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan unit bisnis maupun pendukung lainnya yang relevan. Demi menjamin efektivitas program pemasaran, BNI menggunakan pendekatan program lokal yang didesentralisasikan kepada setiap kantor wilayah. Dengan cara ini, jenis program pemasaran yang dilaksanakan dapat berbeda di setiap wilayah sesuai dengan fokus segmen maupun potensi yang ada di masing-masing wilayah tersebut. Dalam memasarkan produknya, BNI memperkenalkan Konsep BNI Experience di tahun 2011 sebagai konsep tematik bagi pemasaran dan promosi produk-produk konsumer dan ritel. Konsep BNI Experience menjanjikan suatu pengalaman yang berbeda bagi para nasabah melalui penggunaan produk dan layanan BNI. Konsep ini dilanjutkan di tahun 2013.
5 (Strategi Pemasaran) Program Iconic Cluster:


BNI Music Experience
BNI Fashion Experience
BNI Food Experience
BNI Travel Experience
BNI Entrepreneurship Experience
http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/07/Strategi-Pemasaran-Program-Iconic-Cluster-1024x595.jpg (http://bankernote.com/wp-content/uploads/2014/07/Strategi-Pemasaran-Program-Iconic-Cluster.jpg) Strategi Pemasaran Program Iconic Cluster
Dibawah payung ‘BNI Experience’, program-program promosi untuk nasabah secara umum dilakukan melalui 5 (lima) Iconic Cluster sesuai segmentasi dan preferensi nasabah, yaitu BNI Music Experience, BNI Fashion Experience, BNI Food Experience, BNI Travel Experience dan BNI Entrepreneurship Experience
BNI Music Experience
Dalam konsep BNI Music Experience, BNI bekerja sama dengan pihak ketiga menyajikan berbagai pementasan musik dan teater musikal berkualitas dari musisi Indonesia maupun internasional seperti Java jazz Festival 2013, Weezer, Afrojack, Stoneroses, opera Padusi dan Slank serta Dia Frampton, Lenka, Danie Wellington, Mika, Hi Five hasil kerja sama dengan salah satu mal terkemuka di Jakarta. Program ini ditujukan kepada nasabah pemegang Kartu BNI (Kartu Kredit BNI, Kartu Debit BNI, kartu debit BNI Emerald dan kartu BNI prepaid) dimana BNI memberikan berbagai kemudahan dan keistimewaan bagi nasabah, seperti Buy 1 Get 2, prioritas pembelian tiket, pembelian tiket dengan Diskon ataupun dengan cicilan, jalur masuk VIP bebas antrian, BNI Lounge di tempat penyelenggaraan pementasan sebagai meeting point ataupun tempat menunggu yang nyaman, dan lain-lain.
BNI Fashion Experience
BNI menyajikan berbagai acara dan pentas busana dalam rangka BNI Fashion Experiencebagi para nasabah BNI. Pada tahun 2013, BNI menggelar acara Indonesia Fashion Week 2013 dan Fashion Show 20 Tahun Dian Pelangi, fashion desainer muda ternama. Beberapa dari acara peragaan busana tersebut juga memberikan kesempatan kepada nasabah debitur maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) mitra binaan BNI untuk mempromosikan hasil usaha mereka. Selain itu BNI juga memberikan kemudahan bagi pecinta fashion untuk memiliki produk ternama Braun Buffel, Rumours, Aleira, Iwan Tirta, Ped Der Red, Dian Pelangi serta produk GAP seperti guess, dan lainnya dengan program diskon, cicilan dan point reward
BNI Food Experience
Melalui BNI Food Experience, BNI memberikan kesempatan kepada para nasabah Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI untuk menikmati sajian istimewa di berbagai restoran ternama di Jakarta dan kotakota besar lain di Indonesia, dengan menawarkan diskon harga ataupun program promosi yang menarik lainnya antara lain di restoran Pizza Marzano, Bon Chon, Domino Pizza, Cold Stone, Roppan, KFC, dan Kenny Rogers. Pada tahun 2013, BNI juga menyelenggarakan serangkaian acara promosi kuliner tematik seperti Imlek Dining Experience, Ramadhan Experience serta Year End Dining Experience.
BNI Travel Experience
BNI juga memahami kebutuhan nasabah untuk berlibur dengan menawarkan berbagai program travel yang bekerja sama dengan berbagai travel agent dan maskapai penerbangan terkemuka, seperti Garuda Indonesia, Citilink, serta penerbangan internasional seperti Cathay Pacific, Malaysia Airlines dan Jetstar. BNI juga melakukan berbagai kegiatan Travel Fair seperti Garuda Travel Fair (GATF) lokal Roadshow maupun GATF Jakarta dan Jakarta International Travel Fair (ITHF). Disamping itu BNI juga menawarkan program promosi hotel seperti Royal Safari Garden, Santika dan Amaris, Putri Duyung cotage, Tune Hotel, Accor Group Haris Hotel dan Inna Hotel serta beberapa luxurious villa dan hotel seperti W Retreat Spa Bali, Courtyard Bali Nusa Dua, The Atanaya dan Ayana Hotel Bali. Untuk layanan pemesanan hotel di seluruh dunia secara online, BNI bekerja sama dengan Agoda, Rajakamar, Pegipegi, Klikhotel, Tiket.com, TickTab.com, dan Traveloka. com. Selain itu BNI juga memberikan layanan untuk kebutuhan mudik di hari raya Idul Fitri, baik melalui moda transportasi darat maupun udara.
BNI Entrepreneurship Experience
BNI Entrepreneurship Experience membantu nasabah komersial ritel dan UKM untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui berbagai acara pameran produk dan industri. Di tahun 2013, program yang diselenggarakan diantaranya Inacraft, Creativepreneur dan Tangan Di Atas
Strategy Pemasaran dengan Promosi Spesifik Produk

BNI juga melaksanakan berbagai program lain untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk tertentu. Pada tahun 2013, program-program tersebut antara lain adalah:

BNI Taplus: Program Rejeki BNI Taplus 2013
BNI Taplus Anak : Anak berbakat dan anak BNI, Konser musik diatas rata-rata kerja sama dengan Erwin Gutawa & Gita Gutawa
BNI Taplus Muda : Acara “Creativepreneur”, ajang pengembangan entrepreneur di kalangan mahasiswa.
BNI Griya: Fokus pada tema Lebih ringan dengan bunga lebih rendah, Lebih cepat dengan program One Day Approval dan Lebih mudah dengan persyaratan minimal.
BNI e-Banking: promo transaksi “Around The World” dengan hadiah jalan-jalan keliling dunia, dan lain-lain
Produk investasi: Sukuk Negara Ritel Seri 05, Obligasi Negara Ritel 010 dan Rekasadana Expo
BNI Chelsea Payment Card: BNI Cup 2013 pertandingan langsung antara FC Chelsea melawan BNI Indonesia All Star di stadion GBK Senayan
Ferrari Card by BNI: launching produk payment cards bekerja sama dengan Ferrari Italia.
BNI Emerald Education Assistance, Emerald Event Series.
Selain melalui program-program promosi khusus, event dan sponsorship, upaya pemasaran produk dan layanan BNI juga dilakukan melalui pemasangan iklan dan advertorial di media cetak, media eletronik, media luar ruang, dan online social media, dengan cakupan lokal, nasional maupun internasional. Di berbagai lokasi Point of Sales (POS) BNI juga menyediakan berbagai materi promosi produk mulai dari flyer dan brosur, poster, banner.
Menuju ”The BNI Sales”
Selama kurun 2013, BNI memberi perhatian yang signifikan terhadap pengelolaan sumber dayanya dalam hal ini sumber daya manusia yang terkait dengan penjualan, yaitu Sales Force atau yang disebut sebagai ”The BNI Sales”, termasuk di dalamnya adalah Sales Leader di BNI. Pengelolaan Sales Force bertujuan membangun Sales Force yang memiliki identitas:

Total Solution yang kuat yaitu Team Sales yang dapat memberikan solusi total yang terbaik terhadap penjualan produk-produk BNI.
Highly Skilled yaitu Team Sales yang memiliki selling skill yang optimal dalam memasarkan produk-produk BNI.
Knowledgeable yaitu Team Sales yang mengerti dan memahami produk-produk BNI, potensi, dan peluang pasar.
Positive Attitude yaitu Team Sales elegan yang memiliki perilaku penuh kesopanan dan percaya diri serta pembawaan diri yang baik yang dapat mempengaruhi target market, sesuai dengan strategi sales yang dijalankan serta nilai-nilai yang berlaku di BNI.
The BNI Sales adalah bagian proses membangun ”Sales Culture” yang fokus kepada Sales Capacity, Sales Capability, dan Sales Productivity, dengan melakukan hal-hal berikut:

Bekerja sama dengan perusahaan mitra profesional melalui Sales Company, melakukan program-program perbaikan untuk pemenuhan kebutuhan jumlah Sales dan training yang berkualitas di seluruh wilayah Indonesia.
Memberikan support yang optimal kepada operasional aktivitas harian Sales melalui pembentukan layanan Helpdesk Sales, yaitu layanan contact center (telepon, SMS, e-mail, faksimili) yang didukung oleh sistem aplikasi untuk contact center, sebagai media pemberian layanan informasi dan tindak lanjut permasalahan kepada Sales
Pengembangan yang terus-menerus terhadap kapasitas dan kapabilitas Sales Tool yang saat ini digunakan sebagai monitoring tool yaitu yang disebut sebagai Sales Activity & Performance Management (SAPM) kedalam format yang sama dengan koridor Sales Force Automation – Customer Relationship Management (CRM), sebagai suatu project di BNI.
Inisiasi-inisiasi lain yang dilakukan selama kurun waktu 2013, selain proses training-coaching-mentoring yang berkelanjutan, BNI melakukan proses sertifikasi Sales, program pelatihan terpadu melalui Sales Academy, sales event melalui Event Series, dan penghargaan untuk Sales melalui Around The World, e-Star, & e-Club.
Strategi Pemasaran 2014
Pengembangan di tahun 2014 untuk program The BNI Sales adalah dengan menajamkan kembali strategi yang fokus kepada Strategic Plan sebagai berikut:

Fokus kepada pemenuhan gap jumlah kebutuhan Sales.
Intensitas dalam meningkatkan kualitas Sales (skill & knowledge).
Menjaga keberlangsungan Sales effectiveness improvement.
Menginisiasi kegiatan motivasi melalui Sales Award & Reward.
Memberikan total support terhadap Sales.
Hasil yang diharapkan dari penerapan strategi tersebut adalah meningkatnya Sales Force Performance yang secara langsung akan berkontribusi terhadap meningkatnya portofolio produk, Product Holding Ratio, dan market share yang signifikan, serta pertumbuhan yang di atas rata-rata industri dan pesaing utama.
Sumber http://www.bni.co.id laporan keuangan BNI bagian Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Bank BNI (http://bankernote.com/strategi-pemasaran-produk-dan-jasa-bank-bni/)

wildankurniadi
14th November 2015, 12:38 PM
memasarkan produk juga bisa lewat website om. strateginya banyak hehe. bagus.

Silahkan yang mau buat toko online murah: jasa pembuatan toko online murah (https://wildan.info/jasa-pembuatan-toko-online-murah/)

ekselsior
29th December 2015, 12:21 PM
salah satu cara promosi lain yang paling ampuh yaitu dengan membuat berbagai macam ukuran banner