PDA

View Full Version : Mengenal Bayu Santoso, Mahasiswa Juara Kontes Cover Album Maroon 5


fx.michael
24th October 2014, 12:42 AM
http://images.detik.com/content/2014/10/15/608/080118_bayu.jpg

Bayu Santoso mengaku memang berniat ikut lomba cover album Maroon 5, tapi ia tidak menyangka bakal menang. Maka itu, ketika jadi juara, hanya rasa kaget dan bahagia yang dirasakannya.

Terpilihnya Bayu sebagai pemenang disampaikan melalui situs resmi Maroon 5 pada Selasa (7/10/2014) lalu. "Congratulations to Bayo Gale on the winning artwork in our Creative Allies contest to design an alternate cover for V", tulis Maroon 5. Bayo Gale adalah nama akun Bayu Santoso di Twitter.

Siapa Bayu Santoso? Di blantika musik dan desainer grafis, Bayu mungkin bukan siapa-siapa. Ia adalah mahasiswa semester 3 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa. Tapi berkat memenangi kontes, pemuda kelahiran Sleman dan bungsu dari 5 bersaudara ini mulai dikenal.

Bagaimana perasaan bisa memenangkan kontes yang diselenggarakan band ternama? "Senang dan kaget," kata Bayu di Kafe Semesta, Kotabaru, Yogyakarta, Selasa (14/10/2014) sore. Pemuda kelahiran 16 September itu tampak santai mengenakan kaos oblong dan topi hitam. Juga sebuah laptop andalannya.

Bayu mengetahui kontes setelah membuka Facebook Maroon 5, lalu membuka website untuk kejelasan informasi. Setelah mengetahui sisi-sisi album band asal California itu, mahasiswa yang kos di sekitar kampusnya ini membuat coretan di kertas.

"Mengalir saja. Saya ambil sosok harimau karena kesannya misterius," jelasnya.

Proses desain dilakukan selama 7 bulan. Finishing selama 7 hari. Terciptalah gambar wajah harimau bak ukiran dengan dominasi warna putih dipadu abu-abu dan cokelat. Di albumnya, Maroon 5 memang mengandalkan lagu 'Animals' sehingga cocok jika desain covernya berupa binatang.

"Memang niat untuk ikut lomba, tapi tidak menyangka untuk juara dan menang," kata Bayu merendah.

Padahal, 4 Juli 2014 lalu, Bayu juga memenangi kontes yang diselenggarakan musisi AS, Billy Joel. Dalam desainnya, Bayu menggambar sosok Billy Joel dan istana Kremlin dengan warna merah, hitam, dan krem.

Apa rahasia sukses Bayu menjuarai kontes dan mengukir prestasi membanggakan? "Kesempatan jangan ditutup. Yang penting nyoba dulu, karena kita nggak tahu akan menang atau kalah," kata pemuda berkulit kuning langsat ini.



Smart Store - Sahabat untuk Toko Online anda. (http://www.forumku.com/showthread.php?t=20255)