PDA

View Full Version : Mendunia dan Bangga Jadi Indonesia


fx.michael
26th October 2014, 03:11 AM
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/konten/uploads/2014/10/123.jpg

MAKIN hari kian banyak anak muda berkarya di segala bidang, dengan prestasi mendunia. Prestasi itu jelas makin memosisikan Indonesia dalam segala aspek menjadi disegani.

Juga sedikit-banyak mengikis berbagai kesan minor tentang Indonesia. Berbagai motivasi melatarbelakangi kiprah mereka. Salah satunya kecintaan pada bangsa dan negara.

Adalah Daniel Mananta dengan brand Damn! I Love Indonesia yang bertujuan mengekspresikan kecintaan anak muda Indonesia terhadap bangsanya. Damn! I Love Indonesia mengusung tema bernuansa patriotik dan nasionalis.

Namun dikemas secara pop dan tidak hanya mendapat tempat di Tanah Air, tetapi juga di mancanegara. Ada pula penyanyi Agnes Mo yang terus berjuang berkarier di kancah internasional. Masih dari kancah musik ada kelompok Gugun Blues Shelter, yang dipandegani Gugun.

Grup itu tampil membanggakan pada perayaan ulang tahun ke-40 Hard Rock, “Hard Rock Calling 2011”. Dalam acara yang diselenggarakan selama beberapa hari di Hyde Park, London, Inggris, itu Gugun tampil berbagi panggung dengan musikus kelas dunia, seperti Rod Stewart, Bon Jovi, dan The Killers.

Di luar bidang musik ada Eddie Hara, yang tinggal dan berkarya di Basel, Swis, dan berjaya lewat karya seni rupa. Berjaya pula para animator muda, komikus muda, dan lain-lain yang berkarya di kancah dunia.

Makin Terasah

Dalam berbagai kesempatan, baik Agnes dan Gugun menyatakan saat mengikuti kompetisi hingga audisi di luar negeri, nasionalisme mereka justru makin terasah. Gugun, motor grup musik blues yang rekaman di bawah label Grooveyard Recordcom AS itu, menuturkan nasionalisme itu bagaikan penambah kekuatan sehingga dia dan kawan-kawan tidak takut beradu kemahiran bermusik dengan orang-orang bule.

Dia tidak ingin memaknai nasionalisme hanya dari sesuatu yang terlihat, misalnya, gitar berwarna merah-putih atau harus mengenakan batik saat tampil. Yang terpenting, tutur dia, adalah ada semangat untuk mampu berkompetisi dan menjadikan bangsa Indonesia diperhitungkan di kancah musik dunia. Hal senada dikatakan Agnes.

Menurut penyanyi yang tengah rekaman di AS dan naik daun lewat lagu ”Coke Bottle” yang dia bawakan bersama Timbaland itu nasionalisme dalam konteks kini harus dimaknai berusaha memaksimalkan kreativitas untuk menjadi yang terbaik di berbagai bidang.

Apakah itu di bidang olahraga, hiburan, bisnis, politik, sosial, prestasi terbaik dapat mengangkat nama bangsa. Dalam konteks ini, menurut pendapat penyanyi dengan jutaan penggemar itu, adalah penilaian sempit bila nasionalisme hanya diukur seberapa sering seseoang memakai bahasa Indonesia.

Apa artinya seseorang selalu memakai bahasa Indonesia, tetapi dia koruptor. Itu berarti tidak bersikap amanah justru pada posisi yang penting. Bendera dan bahasa memang perlu, tetapi tak bisa lagi melulu jadi ukuran.

Lewat Karya

Tak bisa dimungkiri lagi di tengah kemajuan teknologi informasi dewasa ini, upaya mengenalkan prestasi orang muda Indonesia lewat karya mereka agar mendunia jadi semakin mudah. Dan, itu juga membuka paradigma baru tentang Indonesia itu dimata dunia. Salah satu orang muda itu adalah Ardian Syaf. Karya salah satu komikus berbakat Indonesia itu udah diperhitungkan di mata internasional.

Pria asal Tulungagung, Jawa Timur, yang tetap lebih nyaman tinggal di Desa Rejotangan itu dikontrak secara eksklusif sebagai penciler komik oleh perusahaan penerbit raksasa Amerika Serikat. Itulah DC Comics, yang menerbitkan komik-komik ternama. Dia telah menggarap komik Superman, Batman, Batgirl, Green Lantern, Aquaman, dan superhero-superhero legendaris dunia yang lain.

Sebeum dikontrak secara eksklusif oleh DC Comics, dia pernah menggarap komik terbitan Marvel, yaitu komik superhero X-Men. Walaupun mendapat penghargaan dalam bentuk dolar AS, Adrian tetap ingin lebih mengenalkan kualitas orang Indonesia. Dia juga berupaya mengajak orang-orang lebih mengenal Indonesia. Hal itu untuk membantah pandangan yang salah tentang Indonesia.

Selain Daniel, Gugun, Agnes, Ardian, masih banyak lagi orang muda yang membawa harum nama Indonesia di berbagai bidang. Mereka antara lain para pemenang olimpiade ilmu pengetahuan dan altlet olahraga.

Mereka adalah sosok mandiri berprestasi, yang tidak banyak menuntut apa yang telah diberikan negara pada mereka. Alias, tidak menambah beban negara. Namun prestasi mereka lewat karya, terlepas semula untuk kepentingan diri sendiri, akhirnya juga telah mengharumkan nama bangsa dan negara. (Hartono Harimurti- 51)

NaraSumber (http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/mendunia-dan-bangga-jadi-indonesia/)

Hendy
24th July 2015, 03:14 AM
Asal harus tetap dapat mempertahankan Persatuan, Kesatuan dan Budaya Asli Indonesia ...... TIDAK PERLU MENIRU-NIRU BUDAYA BANGSA LAIN...., tumbuhkan jati diri bangsa Indonesia yang sejati di mata dunia.

9capsokue
6th August 2015, 03:49 PM
Wuih mantap juga yah..... Pada ulang tahun ke 40 Hard Rock Inggris, Gugun Blues Shelter, yang dipandegani Gugun tampil berbagi panggung dengan musikus kelas dunia, seperti Rod Stewart, Bon Jovi, dan The Killers. Mantap....

ferryrinaldi
12th October 2015, 03:01 AM
Wah itu artis pada membawa harum bangsa indonesia ya...

w1s2t3
27th October 2015, 08:04 AM
Bukan artis nya aja gan, tempat wisatanya juga mendunia, seperti Bali, Bromo, Blue Fire gunung Ijen, Borobudur dll

kenzie25
2nd November 2015, 06:19 PM
Indonesia memang hebat baik negaranya dan juga orang-orang yang mengharumkan nama bangsa. jangan lupain juga ya para pemain di bidang sains plus olahraganya :D

ferryrinaldi
3rd November 2015, 10:24 AM
Wah hebat bener yah.. banyak pahlawan2 yg membawa nama harum bangsa ini, jadi bangga saya, jadi anak indonesia...