View Full Version : Penyebab Roket NASA Meledak


kloningan.gue
29th October 2014, 09:08 PM
https://news.cybermedia.biz/wp-content/uploads/2014/10/Roket-Nasa-300x171.jpg (https://news.cybermedia.biz/wp-content/uploads/2014/10/Roket-Nasa.jpg)
Roket Anteras milik milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) yang membawa pesawat Cygnus meledak sesaat seusai lepas landas dari landasan peluncuran komersial Wallops Flight Facility di Virginia, Amerika Serikat, Selasa, 28 Oktober 2014. Padahal roket yang diciptakan dan diluncurkan oleh Orbital Sciences Corp, perusahaan swasta rekana NASA, itu menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga untuk mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) di ketinggian 418 kilometer dari Bumi.
Lalu, apa penyebab meledaknya? Pengawas peluncurkan roket NASA memprediksi ada kerusakan pada fasilitas peluncur roket. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat tanpa awak ini. Namun pihak NASA masih mau menyelidiki kemungkinan itu lebih lanjut. (Baca: Roket NASA Meledak Sesaat Setelah Diluncurkan)
“Kami belum mengetahui penyebab kecelakaan. Sampai saat ini belum ada laporan dari personel di sekitar lokasi. Namun kami dapat pastikan tidak ada yang terluka,” kata komentator misi NASA, Dan Hout, kepada Reuters.
Spekulasi lain adalah karena Anteras kelebihan beban. Roket ini membawa Cygnus yang terisi penuh dengan persediaan makanan dan percobaan serta peralatan penelitian dengan bobot 2.293 kilogram. Selain makanan, Anteras juga membawa perangkat percobaan sains yang akan digunakan oleh tim investigasi untuk menganalisis meteor saat terbakar di atmosfer Bumi.
“Roket ini membawa Cygnus CRS-3 yang mengangkut sekitar 2.290 kilogram persediaan dan alat eksperimen, bertambah 15 persen dibanding misi Anteras sebelumnya,” ujar pejabat NASA, seperti dilaporkan Daily News, Rabu, 29 Oktober 2014.
Orbital Science adalah satu dari dua perusahaan yang disewa oleh NASA untuk menerbangkan kargo ke ISS. Peluncuran Antares adalah yang ketiga dari delapan misi dari kontrak antara perusahaan dan NASA senilai US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 23 triliun.
(Tempo)

Penyebab Roket NASA Meledak (https://news.cybermedia.biz/baca/1344/penyebab-roket-nasa-meledak.html)