View Full Version : Indonesia Vs Timor Leste: Seleksi Pemain Jelang Piala AFF 2014


akiyamashinichi
11th November 2014, 07:21 AM
http://cdn-media.viva.co.id/thumbs2/2013/03/21/197368_timnas-indonesia-berlatih-di-lapangan-halim_300_225.jpg

VIVAbola - Tim nasional (timnas) Indonesia akan melakoni laga uji coba kontra Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa 11 November 2014. Ini merupakan rangkaian persiapan Skuad Garuda menuju Piala AFF 2014 di Vietnam, 22 November mendatang.

Meski hanya uji coba, pasukan Alfred Riedl tentu tak mau bermain santai dalam laga ini. Pasalnya, timnas Indonesia akan tampil di hadapan pendukungnya sendiri.

Selain itu, laga ini juga jadi ajang pembuktian pemain. Riedl mengatakan, dia akan memantau seluruh pemain yang ada, minus pemain Persib Bandung dan Persipura Jayapura. Pasalnya, pemain kedua klub itu dipastikan tidak fit karena baru berlaga di final Liga Super Indonesia (ISL)2014, Jumat kemarin.

"Saya ingin melihat performa pemain yang baru bergabung ke skuad. Kami akan coba semua pemain yang ada," kata Riedl.

Secara khusus, Riedl juga akan memberikan penilaian terhadap striker Sergio van Dijk. "Van Dijk akan saya nilai performanya di laga kontra Timor Leste," tuturnya.

Van Dijk Siap Bayar Kepercayaan

Pemanggilan Van Dijk sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, pemain naturalisasi asal Belanda ini sebelumnya sempat "terlupakan".

Pemain 32 tahun ini pun mengaku senang akhirnya dipanggil kembali masuk dalam Skuad Garuda. Dia merasa termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

"Saya termotivasi karena setiap kali gabung timnas saya merasa bangga. Besok juga semua pemain pasti memperlihatkan kepada pelatih bahwa mereka ingin masuk ke tim untuk Piala AFF di Vietnam,” kata Van Dijk.

Pemain yang kini berlaga di Liga Thailand tersebut berhasrat untuk mencetak gol perdananya untuk Merah Putih. "Pemain pasti menunjukkan penampilan bagus, semua pemain akan kerja keras untuk dipilih oleh pelatih," lanjutnya.

Proses Seleksi Dimulai

Uji coba kontra Timor Leste menjadi ajang pertama bagi para pemain membuktikan diri layak dibawa ke Vietnam. Jika tampil mengecewakan di laga ini, pemain masih ada satu peluang lagi untuk menyakikan tim pelatih.

Ya, setelah melawan Timor Leste, Skuad Garuda dijadwalkan bertemu dengan Suriah. Dari dua laga uji coba inilah, tim pelatih timnas Indonesia akan menentukan 23 pemain yang akan mengisi skuad inti untuk Piala AFF nanti.

"Kami berharap dari 2 laga uji coba sisa ini, para pemain bisa mengeluarkan yang terbaik. Diharapkan, kami bisa mendapat 23 pemain terbaik," kata asisten pelatih timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro.

Mantan pelatih Gresik United ini mengungkapkan, Riedl juga bingung dalam memilih siapa pemain yang benar-benar layak dibawa ke Vietnam. Untuk itu, diharapkan dua laga uji coba ini akan memudahkan pelatih asal Austria itu untuk menentukan.

Timor Leste Andalkan Pemain Muda

Sementara itu, Pelatih Timnas Timor Leste, Antonio Vieira, akan mengandalkan pemain muda. Meski demikian, Vieira tetap berharap anak-anak asuhannya bermain bagus lawan Tim Garuda.

"Ini laga ketiga kami, dari hasil-hasil pertandingan sebelumnya, kurang memuaskan. Saya berharap, pertandingan besok kami bisa tampil baik," kata Vieira.

Vieira menjelaskan, dia berusaha memberikan kesempatan lebih kepada pemain Timor Leste U-19. Dia sengaja melakukannya untuk memberikan para pemain masa depan Timor Leste pengalaman.

"Transformasi yang sedang kami lakukan saat ini adalah memberi kesempatan untuk pemain dari Timnas U-19," tuturnya.



http://bola.viva.co.id/news/read/556777-indonesia-vs-timor-leste--seleksi-pemain-jelang-piala-aff-2014