PDA

View Full Version : Aditya Tri Hernowo Raih Penghargaan Tsutsui-Fujino Prize 2012 di Kyoto, Jepang


andi.teguh
19th December 2012, 06:40 PM
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Aditya Tri Hernowo, Ph.D meraih penghargaan Tsutsui-Fujino Prize 2012 di Kyoto, Jepang pada 17 November lalu. Tsutsui-Fujino Prize diberikan kepada peneliti bidang neuro-oftalmologi di Asia yang usianya masih relatif muda.

Aditya menerima penghargaan itu atas karya ilmiahnya di bidang neuro-oftalomologi (ilmu kedokteran sistem persarafan mata) terutama atas temuannya mengenai kerusakan otak pada glaucoma (penyakit mata yang menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan secara progresif hingga menjadi buta).

Untuk meraih hadiah itu, Aditya dinominasikan oleh Dr Masaki Yoshida, ahli neuro-oftalmologi dari Institute Oftalmologi Prancis dan Universitas Jikei, Tokyo.

Penghargaan diserahkan dalam The 50th Annual Japan Neuro Ophthalmological Society (JANOS) Meeting General Assembly oleh Ketua Tsutsui-Fujino Foundation Prof. Akio Tabuchi dan Prof. Masato Wakakura, MD selaku Ketua JANOS.

Prof. Masato Wakakura dalam sambutannya menyebutkan di Jepang saat ini terjadi penurunan jumlah dokter spesialis mata dengan keahlian neuro-oftalmologi dan yang masih ada kebanyakan sudah mendekati pensiun.

Hal serupa menurut dia, juga terjadi di Indonesia. Melihat kecenderungan itu, JANOS merasa perlu untuk mengidentifikasi sekaligus mengembangkan calon-calon ahli neuro-oftalmologi yang ada di Asia.

aditya tri hernowo di indonesiaproud wordpress comKetika menerima penghargaan itu, Aditya juga sempat memberikan satu presentasi ilmiah mengenai kerusakan otak pada degenerasi retina (makula) dan satu kuliah seremonial mengenai kerusakan otak pada glaukoma.

Aditya berharap melalui penghargaan itu dirinya akan mendapat kesempatan memberikan presentasi ilmiah mengenai kerusakan otak pada degenerasi retina dan satu kuliah seremonial mengenai kerusakan otak pada glaukoma.

Ia juga berharap melalui penghargaan itu kerja sama antara UGM dan pusat-pusat riset mata di Jepang akan semakin terbuka.


sumber (http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/11/28/aditya-tri-hernowo-raih-penghargaan-tsutsui-fujino-prize-2012-di-kyoto-jepang/)

admin
14th January 2013, 08:48 PM
^^^ prestasi yang membanggakan dan patut dicontoh

hadi.putra
14th January 2013, 11:23 PM
semakin bertambah ilmuwan indonesia yang diakui dunia. tapi sayang terkadang kurang dihargai di negeri sendiri ....