PDA

View Full Version : Starbucks pun Jatuh Cinta Dengan Kopi Indonesia


andi.teguh
19th December 2012, 07:13 PM
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSYsg8BQSnAJHZORMPnS6XVmmHhB34lE 2raYK1AuY-F30s1f_21ueE0gnOB

Jika anda penikmat kopi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan gerai kopi asal Amerika Serikat, Starbucks. Bahkan anda mungkin salah satu pelanggan setianya. Indonesia adalah salah satu dari 4 negara penghasil kopi terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia adalah penghasil kopi termahal dan terbaik di dunia sehingga membuat Starbucks jatuh cinta dengan kopi Indonesia.

“Ada empat daerah penghasil kopi di Indonesia yang digunakan oleh Starbucks,” kata Mirza Luqman Effendy, pakar kopi Indonesia sekaligus Assistant Learning & Development Manager .

Keempat daerah tersebut adalah Sumatera (Kopi Gayo, Kopi Mandailing, serta Kopi Linthong), sebagian wilayah Jawa, Flores, serta wilayah Sulawesi, tepatnya Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Starbucks, yang kini hadir di hampir 60 negara, menjadikan daerah-daerah tersebut sebagai sentral produksi dan konsumsi kopinya.

Diakuinya, pemakaian kopi Indonesia di Starbucks sudah sejak tahun 1980-an. Alasannya, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia.

“Kita bisa melihat peta dunia kalau Indonesia penghasil kopi terbaik di dunia, negara lain pun iri. Kopi asal Sumatera paling terkenal, mulai Kopi Linthong, Mandailing, belum lagi Gayo,” jelasnya.


sumber (http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/11/22/starbucks-pun-jatuh-cinta-dengan-kopi-indonesia/)