View Full Version : Turunkan Harga Barang di Papua, Jalan Timika-Glasberg Dibangun


nonasakamoto
17th February 2015, 08:44 PM
Turunkan Harga Barang di Papua, Jalan Timika-Glasberg Dibangun
http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/02/17/turunkan-harga-barang-di-papua-jalan-timika-glasberg-dibangun
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/presiden-jokowi-resmikan-ground-breaking-bendungan-raknamo-ntt_20141221_141352.jpg
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat berencana akan membangun jalan dari Timika menuju Glasberg. Hal tersebut untuk mengurangi beban logistik yang sangat mahal di Papua.
"Nanti kita akan memanfaatkan jalur itu khususnya untuk logistik," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Senin (16/2/2015).
Dengan jalur baru tersebut, Basuki berharap bisa masuk ke dalam skema pembangunan trans Papua. Karena jalanan yang akan dibangun menghubungkan Timika dan Glasberg panjangnya mencapai 50 kilometer.
"Mudah-mudahan Itu memang bagian dari trans papua ini," ungkap Basuki.
Basuki pun mentargetkan penyelesaian pembangunan jalan Timika-Glasberg sepanjang 50 km, selesai dalam waktu 2 tahun."Pembangunan berjalan terus, 2015 ini kita teruskan. Kalau 50 km saya kira 2 tahun pasti tembus itu.
Mengenai trans papua Basuki menjelaskan hanya ada 11 ruas untuk menghubungkan ke pelabuhan-pelabuhan. Sekarang Kementerian PU-Pera berusaha menjadikan trans papua, andalan untuk mendorong infrastruktur di Indonesia bagian timur
"Kita punya trans sumatera, sulawesi, jawa, trans kalimantan, masa nggak ada trans papua," kata Basuki.