View Full Version : Elpiji 3 Kg Langka karena Aturan Tak Jelas


sucyresky
25th February 2015, 08:34 AM
https://img.okezone.com//content/2015/02/24/19/1110156/elpiji-3-kg-langka-karena-aturan-tak-jelas-AdCC12aFmW.jpg
JAKARTA - Pengamat Kebijakan Energi Sofyano Zakaria mengungkapkan bahwa sebagai produk bersubsidi, pendistribusian Elpiji tabung 3 kilogram (kg), seharusnya diatur dengan peraturan yang tegas dan jelas. Hal ini tidak terlepas mulai langkanya gas melon tersebut di beberapa daerah.
"Peraturannya tidak abu-abu, serta diawasi pelaksanaannya secara ketat oleh pemerintah," tegas Sofyano di Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Menurut Sofyano, sepanjang tidak adanya peraturan yang tegas dan jelas tentang pengguna Elpiji 3 kg, serta tanpa adanya pengawasan yang melekat tentang pengguna yang berhak, maka penggunaan Elpiji 3 kg bersubsidi pasti akan menjadi liar.

"Dalam artian bahwa Elpiji 3 kg bisa dipergunakan oleh siapa pun dan untuk apapun juga. Hal ini lah yang bisa menjadi penyebab terjadinya kekurangan ketersediaan Elpiji 3 kg atau kelangkaan semu di wilayah tertentu," tegasnya.

Lebih lanjut Sofyano mengungkapkan, pengaturan tentang pengguna Elpiji 3 kg itu siapa saja dan seharusnya berbeda dengan yang berhak penerima paket perdana.

"Kalau dari sejarahnya pengguna Elpiji refill 3 kg seharusnya semua pengguna minyak tanah akibat konversi sedangkan penerima paket adalah sebagian dari semua pengguna tersebut, yang kurang mampu maka berhak terima paket. Nah kedua parameter tersebut tidak secara tegas diatur secara tegas," paparnya.

Menurut dia, kelangkaan semu Elpiji 3 kg bisa terjadi karena Elpiji 3 kg dipergunakan oleh semua pihak yang merasa juga berhak untuk menggunakan Elpiji 3 kg.

"Terjadinya kekosongan Elpiji yang bisa disebut sebagai kelangkaan , apabila kekosongan itu terjadi merata di suatu daerah tertentu dan terjadi untuk jangka waktu yang terus menerus setidaknya dalam seminggu yang terbukti dengan timbulnya antrean panjang masyarakat sepanjang siang malam," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/02/24/19/1110156/elpiji-3-kg-langka-karena-aturan-tak-jelas)