View Full Version : Puskesmas Kecamatan di Jakarta Selatan Jadi Rumah Sakit


partisusanti
3rd April 2015, 02:29 PM
TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak empat puskesmas kecamatan di Jakarta Selatan berubah statusnya menjadi Rumah Sakit Tipe D. Perubahan status rumah sakit tersebut mulai berlaku pada bulan ini.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto, mengatakan perubahan status ini perlu dilakukan untuk membuat pelayanan kesehatan lebih baik. "Kami ingin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata dia di Rumah Sakit Tipe D Pesanggrahan, Kamis 2 April 2015.

Selama ini, menurut dia, banyak warga yang mendapat rujukan masuk ke rumah sakit tipe B mengeluh. Hal ini membuat rumah sakit menjadi penuh. "Ini akan menahan pasien 'sederhana' agar tidak perlu ke rumah sakit tipe B," ujarnya.

Rumah sakit tipe D ini dapat melayani pasien mulai dari berobat jalan sampai rawat inap. Selain itu, pelayanan spesialis seperti kebidanan, anak, bedah dan penyakit dalam juga sudah tersedia. Rumah sakit ini memiliki ketersediaan 40-50 tempat tidur untuk rawat inap kelas III.

Di Jakarta Selatan, puskesmas yang berubah statusnya adalah Puskesmas Pesanggrahan, Puskesmas Mampang Prapatan, Puskesmas Jagakarsa dan Puskesmas Tebet. Puskesmas kecamatan tersebut mulai operasional sebagai rumah sakit tipe D sambil terus memperbaiki fasilitasnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang meresmikan rumah sakit tipe D ini berharap keberadaan rumah sakit tipe D dapat menunjukan angka kesehatan warga. "Misalnya bayi meninggal meningkat atau menurun, yang busung lapar meningkat atau menurun," kata dia.

Djarot mengatakan, dia tak ingin angka kematian warga meningkat setelah ada rumah sakit ini. "Jangan sampai ada yang sakit muntaber atau demam berdarah meninggal," kata dia. Dia pun ingin pihak rumah sakit bisa melakukan tindakan preventif.


http://www.tempo.co/read/news/2015/04/03/083654981/Puskesmas-Kecamatan-di-Jakarta-Selatan-Jadi-Rumah-Sakit