View Full Version : Swasembada Sapi Akan Sia-Sia Jika Sistem Tak Diperbaiki


sucyresky
6th April 2015, 08:43 AM
https://img.okezone.com//content/2015/04/03/320/1128713/swasembada-sapi-akan-sia-sia-jika-sistem-tak-diperbaiki-evxKMZ9ecB.jpg
JAKARTA - Kebijakan pemerintah membuka keran impor daging sapi menjelang Lebaran dianggap sudah tepat. Pasalnya, industri peternakan sapi masih belum memadai untuk memenuhi konsumsi pasokan daging dalam negeri.
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, mengatakan pemerintah harus mulai memikirkan cara untuk meningkatkan industri peternakan sapi dalam negeri. Apalagi, pemerintah memiliki rencana untuk memproyeksikan perealisasian swasembada daging.

"Kira-kira kalau presiden nyatakan mau swasembada daging bisa atau tidak untuk beberapa tahun ke depan? Kalau melihat peternakan kita saja, adakah sapi yang bisa besar dalam waktu lima bulan, sedangkan masyarakat membutuhkan pasokan," ujar Agus kepada Okezone di Jakarta.

Oleh karena itu, dia meyakini diperlukan adanya perbaikan dalam industri peternakan dalam negeri. Dengan demikian, ketergantungan konsumsi dalam negeri terhadap impor daging dapat diminimalisir.

"Harus ada perbaikan dari sisi peternakan maupun sistem impornya, supaya swasembada daging yang dicita-citakan pemerintah dalam beberapa tahun ke depan dapat terwujud," pungkasnya.

Sekadar informasi, pemerintah mulai membuka keran impor sapi untuk mengamankan pasokan selama Lebaran. Pemerintah menyiapkan kuota 500.000 sapi impor.

Selain daging sapi, pemerintah rencananya juga akan mulai membuka keran impor sejumlah bahan pangan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi pasokan bahan pokok sebelum Lebaran.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/04/03/320/1128713/swasembada-sapi-akan-sia-sia-jika-sistem-tak-diperbaiki)