View Full Version : Menu Sahur dan Buka, Kunci Atur Keuangan Selama Ramadan


sucyresky
7th June 2015, 08:09 AM
https://img.okezone.com//content/2015/06/05/457/1160640/menu-sahur-dan-buka-kunci-atur-keuangan-selama-ramadan-QQhajPjw5W.JPG
JAKARTA – Kurang dari satu bulan lagi, Bulan Ramadan segera tiba. Sudah pasti pengeluaran untuk konsumsi semakin bertambah, terutama bulan Ramadan kali ini juga bertepatan dengan kenaikan kelas.
Untuk itu diperlukan pengaturan atau strategi yang tepat, untuk menjaga agar keuangan Anda aman setelah lebaran selesai.

Perencana Keuangan Ahmad Gozali mengatakan, dalam waktu dekat ini akan ada dua event yaitu Lebaran dan kenaikan kelas, maka keduanya harus dibuat bujet. Untuk kenaikan kelas, biasanya sudah bisa diperkirakan dari sekarang untuk biayanya.

"Yang perlu trik khusus adalah untuk bujet lebaran. Perlu direncanakan pengeluaran tambahan selama bulan puasa dan lebaran," ujar Gozali, saat berbincang dengan Okezone.

Menurutnya, biaya konsumsi membengkak di bulan puasa karena sering kali ingin makanan khusus saat berbuka puasa. Apalagi jika tiap anggota keluarga mempunyai keinginan yang berbeda-beda.

"Saran saya, buat jadwal dan menu buka puasa agar pengeluaran bisa dikontrol dan tidak mubazir membuang sisa makanan," ucapnya.

Gozali menambahkan, untuk Lebaran juga diperhitungkan biaya mudik, jalan-jalan, amplop, makanan, baju baru dan lain sebagainya.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/06/05/457/1160640/menu-sahur-dan-buka-kunci-atur-keuangan-selama-ramadan)