View Full Version : AirAsia X Buka Penerbangan ke Jeddah


sucyresky
29th July 2015, 07:52 AM
https://img.okezone.com//content/2015/07/28/320/1186480/airasia-x-buka-penerbangan-ke-jeddah-VSBszGTZ6i.jpg
JAKARTA - Penetrasi AirAsia X sejak hadir di Indonesia terlihat agresif. Terhitung sejak Desember 2014 hingga saat ini, maskapai low cost carrier (LCC) untuk jarak jauh ini sudah membuka beragam jalur tujuan penerbangan, salah satunya ke Jeddah, Arab Saudi.
Pada 1 Juni lalu, AirAsia X resmi mendapatkan izin terbang ke Jeddah untuk melayani penerbangan Umroh dan Haji dari otoritas penerbangan sipil Arab Saudi (GACA). Tentu langkah ekspansi bisnis itu terselip tujuan yang melandasinya.

Chief Executive Officer AirAsia X Dendy Kurniawan mengungkapkan, alasan AirAsia X membuka jalur ke Jeddah bukan karena ingin menguasai porsi kue penerbangan untuk umroh dan haji, melainkan karena melihat peluang yang masih sangat luas.

Dendy menghitung, setiap tahunnya ada sekitar 1 juta masyarakat Indonesia yang ingin pergi umroh. Sementara masa untuk keberangkatan umroh dalam satu tahun hanya terdapat 7 bulan, karena sisanya ditutup untuk penerbangan Haji. Jadi kita dihitung 1 juta dibagi 7 bulan, sekitar hampir 5 ribu orang yang ingin pergi umroh setiap harinya.

"Sekarang biasanya satu pesawat untuk umroh itu kapasitasnya sekitar 250 seat dan rata-rata dengan 20 penerbangan. Jadi peluangnya masih ada, bahkan besar," tutur Dendy kepada Okezone di kantor AirAsia X beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, lanjutnya, masih sedikit penerbangan untuk umroh yang langsung menuju Jeddah. Biasanya penerbangan umroh melalui jalur negara lain. Disitulah keunggulan dari AirAsia X dibanding maskapai lain, karena melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Jeddah.

"Ibadah umroh itu kan waktunya tidak sebentar, bisa dibutuhkan waktu sampai 7 hari. Sementara orang terkadang tidak bisa ambil cuti lama-lama. Kalau harus transit dulu kemana-mana waktunya akan lebih lama. Oleh karena itu saya yakin orang akan lebih memilih penerbangan langsung untuk umroh," tuturnya yakin.

Indonesia AirAsia X rencananya akan melayani penerbangan Jakarta-Jeddah berdurasi 10 jam 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Jenis pesawat yang digunakan adalah Airbus A330-300 dengan konfigurasi dua kelas yaitu 12 kursi Premium Flatbed dan 365 kursi kelas ekonomi.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/07/28/320/1186480/airasia-x-buka-penerbangan-ke-jeddah)