View Full Version : Pengertian Penurunan Fungsi Ginjal


astianisa
1st August 2015, 03:29 PM
Pengertian Penurunan Fungsi Ginjal (http://obatginjal.my.id/pengertian-penurunan-fungsi-ginjal.html)

Pengertian Penurunan Fungsi Ginjal (http://obatginjal.my.id/pengertian-penurunan-fungsi-ginjal.html) » Ada beberapa jenis gangguan ginjal salah satu yang sering kita dengan yaitu penurunan fungsi ginjal. Ginjal berfungsi untuk membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah, Jika ginjal tersebut mengalami penurunan maka disebut dengan penurunan fungsi ginjal.
http://obatginjal.my.id/wp-content/uploads/2015/08/Screenshot_6-300x227.png
Menurut dr. Lydia D Simatupang Sp.PD-KGH FINASIM penurunan fungsi ginjal terbagi menjadi 2 jenis yaitu :


Penurunan fungsi ginjal akut – Yang terjadi secara tiba-tiba dan biasanya berlangsung singkat dan diharapkan dapat pulih.
Penurunan fungsi ginjal kronik – Yang terjadi secara perlahan-lahan dan bertahap kemudian menjadi lebih berat dan akhirnya terjadi gagl ginjal.

Gejala penyakit ini tidak khas seringkali saat gejala dirasakan pasien sudah berada ditahap gagl ginjal akhir (stadium 5). Gejala bervariasi dari ringan sampai berat “keluhan dapat berupa seperti : rasa lemah, mudah lelah, pucat, mual, muntah dampai dengan sesak nafas hebat dan penurunan kesadaran, Dan dapat juga tidak ada gejala sama sekali dan ditemukan secara tidak sengaja saat dilakukan pemeriksaan laboratorium”.
Penyebab penurunan fungsi ginjal sendiri ada 3 kelopmpok besar yaitu :


Pre-renal karena berkurangnya asupan darah ke ginjal misalnya : dehidrasi, pendarahan hebat, gagl jantung dsb.
Renal atau kerusakan yang langsung emngenai ginjal itu sendiri misalnya : karena obat-obatan atau zat kontras tertentu yang bersifat merusak ginjal, infeksi dsb.
Post-renal dimana ditemukan sumbatan disepanjang saluran kemih. “Lebih sering disebabkan oleh batu saluran kemih yang menyumbat, Kamungkinan lainnya adalah sumbatan saluran kemih oleh tumor, dan mungkin juga disebabkan oleh kelainan anatomis didaerah saluran kemih yang memicu sumbatan”.

Untuk mendeteksi gangguan ini diperlukan pemeriksaan laboratorium yaitu pemeriksaan ureum dan keratinin dari darah karena dengan satu atau pun sekumpulan gejala bemul dapat memastikan orang tersebut pasti sakit ginjal.