View Full Version : Sulit Hamil Karena Menderita Kista Rahim


astianisa
4th August 2015, 09:38 AM
Sulit Hamil Karena Menderita Kista Rahim (http://obatkistarahim3.blogspot.com/2015/08/sulit-hamil-karena-menderita-kista-rahim.html)


Sulit Hamil Karena Menderita Kista Rahim (http://obatkistarahim3.blogspot.com/2015/08/sulit-hamil-karena-menderita-kista-rahim.html) » Sulit punya anak bisa bersumber dari pria, wanita atau keduanya. Ketidakseimbangan hormon seperti PCOS dan rendahnya kadar testoteron adalah penyebab paling umum ketidaksuburan. Infertiliti atau ketidaksuburan adalah satu istilah yang merujuk pada kondisi pasangan di bawah usia 35 tahun dan telah mencoba punya anak selama minimal setahun tapi belum berhasil. Atau di atas 35 dan sudah mencoba selama enam bulan tapi belum berhasil.
http://2.bp.blogspot.com/-y5hyVzI78wI/VcAV9COqqwI/AAAAAAAAACc/LYh_MfUgDd4/s320/Screenshot_17.png (http://pengobatankistarahim.web.id/)


Ketidakseimbangan hormon - Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah jenis ketidakseimbangan hormon yang paling banyak menyebabkan wanita sulit hamil. PCOS terjadi saat wanita memproduksi hormon pria (testosteron) dalam jumlah berlebihan. PCOS menyebabkan timbulnya kista di ovarium. Wanita dengan PCOS memiliki ciri-ciri khas pria yakni tumbuh rambut di tempat-tempat spesifik seperti di atas bibir, dada dan perut. Kulit wanita dengan PCOS juga lebih berminyak dari kulit wanita pada umumnya.


Baca juga : Obat Kista Rahim (http://pengobatankistarahim.web.id/)

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology, lebih dari 80 persen penderita PCOS mengalami kegemukan. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan PCOS tapi terapi hormon dan berat badan turun bisa meningkatkan kemungkinan hamil. Masalah hormon yang jadi penyebab wanita sulit hamil selain PCOS adalah kurang berfungsinya kelenjar pituitari. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan dua hormon pengatur siklus ovulasi setiap bulan yaitu FSH (follicle-stimulating hormone) atau hormon perangsang folikel dan LH (luteinizing hormone) atau hormon pelutein. Jika dua hormon ini jumlahnya kurang maka akan terjadi ketidaksuburan.

Jika sel telur sehat tapi pembuahan tetap sulit terjadi, mungkin itu karena jumlah sperma pria kurang banyak. Atau, jumlahnya sudah memadai tapi sel spermanya banyak yang cacat. Penyebab jumlah sperma kurang adalah kadar testoteron rendah.


Masalah lain - Ketidakseimbangan hormon bukan satu-satunya penyebab sulit punya anak. Ada isu-isu medis lain yang bisa jadi penyebab. Misalnya:
Amenorea - Amenorea adalah istilah yang merujuk pada absennya menstruasi. Ini bisa terjada karena banyak faktor antara lain berat badan terlalu rendah, terlalu banyak berolahraga, dan efek kemoterapi. Jika Anda tidak datang bulan selama tiga bulan dan tidak tahu penyebabnya, segera periksakan diri ke dokter.
Tuba falopi tersumbat - Salah satu syarat pembuahan yang normal adalah sel telur dan sperma bertemu di tuba falopi. Jika tuba falopi tersumbat, otomatis keduanya tidak bisa bertemu. Kondisi ini disebut infertiliti tuba. Penyumbatan tuba falopi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal misalnya penyakit menular seksual seperti gonorea dan klamidia dan karena endometriosis (ada jaringan lunak tumbuh di luar rahim).
Trauma organ seks - Trauma organ seks pada pria bisa mengakibatkan terhalangnya produksi sperma atau sperma tidak bisa keluar. Pada wanita, trauma organ seks bisa menyebabkan sel telur tidak bisa menuju ke rahim atau sel telur yang sudah dibuahi tidak bisa tertanam karena ada jaringan rahim yang luka. Jika Anda curiga kecelakaan atau benturan keras di organ seks atau sekitarnya yang pernah Anda alami jadi penyebab sulit punya anak, segera temui dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih jauh.
Ubah Gaya Hidup - Pasangan infertil disarankan memeriksakan diri ke dokter untuk tahu sumber masalah ketidaksuburan yang dialaminya agar mendapat solusi yang tepat. Selain itu, gaya hidup juga harus diubah agar upaya memiliki anak lebih mungkin berhasil.



Jauhi stres
Jangan merokok
Jauhi alkohol

Obat Kista Rahim (http://pengobatankistarahim.web.id/)