View Full Version : 10 Fungsi Ginjal yang perlu anda ketahui


rulikantor09
7th September 2015, 01:02 PM
Ginjal sangat penting bagi tubuh kita karena memiliki fungsi sebagai alat penyaring atau pembuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Selain itu ginjal juga memliki fungsi yang lain,berikut penjelasan nya.

Fungsi ginjal

1.Sebagai pembuat hormon
Hormon yang akan dihasilkan yaitu hormon eritroprotein (singkatannya EPO) yang memiliki fungsi sebagai perangsang dalam meningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

2.Menjaga Keseimbangan Air
Yaitu membantu dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mempertahankan tekanan osmotik ekstraseluler. Jika ginjal tidak berfungsi maka tubuh akan mengalami kekeringan dan terjadi dehidrasi berlebih karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh akan tenggelam karena kebanjiran cairan didalam tubuh yang menumpuk dan tidak terbuang.

3.Mengatur Kadar Kalium Dalam Darah
Jika kadar kalium dalam darah berkurang, maka ginjal akan menyerap kembali kalium tersebut. Dan jika jumlah kalium dalam darah berlebih, maka ginjal akan membuangnya.

4.Mengatur Volume Darah
Ginjal dapat mengatur jumlah cairan yang terlarut dalam darah sehingga volume darah bisa dipertahankan untuktetap seimbang di dalam tubuh.

5.Menyaring atau Membersihkan Darah
Zat-zat sisa atau racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui ginjal, jika tidak dikeluarkan maka akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Nefron merupakan salah satu bagian organ ginjal yang menjalankan fungsi ini. Ginjal menyaring kurang lebih 200 liter darah dan 2 liter zat sisa serta air dalam setiap harinya.

6.Mengekskresikan Zat-zat Yang Merugikan Tubuh
Zat-zat yang merugikan tubuh seperti urea, amoniak, creatinin, asam urat, bakteri, garam anorganik, juga obat-obatan akan dikeluarkan oleh ginjal. Jika zat itu tidak dikeluarkan, maka akan menimbulkan penyakit dan akan menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan tubuh manusia.

7.Menjaga Tekanan Osmosis
Ginjal akan menjaga tekanan osmosis pada tubuh melalui pengaturan keseimbangan garam-garam di dalam tubuh.

8.Mengatur Keseimbangan Kandungan Kimia Darah
Yakni mengatur kadar garam didalam darah.

9.Mengendalikan Kadar Gula Darah
Yaitu untuk mengatur kekurangan dan kelebihan gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin & adrenalin. Hal ini sangat penting untuk menghindari suatu penyakit yaitu diabetes. Hormon insulin ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah jika kadar gula yang dihasilkan dalam darah berlebih. Sedangkan hormon adrenalin berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah jika kadar gula yang dihasilkan di dalam darah tidak mencukupi atau kurang.

10.Untuk membuat urin dan zat-zat beracun
Ini merupakan fungsi utama ginjal, yakni membentuk urin untuk mengeluarkan berbagai zat-zat beracun dalam tubuh. Zat itu merupakan hasil metabolisme yang dikeluarkan bersama dengan urin. Proses pembentukan urin ini melalui 3 tahap yakni : Fitrasi, Reabsorbsi, dan Augmentasi .

Itulah beberapa Fungsi ginjal yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat !