View Full Version : Operasi Pasang Ring Jantung, Berbahayakah ?


anthonius_zhou
8th September 2015, 01:34 PM
Operasi Pasang Ring Jantung

Penyakit jantung kini telah menempati level teratas dari penyebab kematian diseluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan tingkatan presentasi yang tinggi dari nominal pasien yang meninggal karena penyakit jantung ini. Serangan penyakit ini membutuhkan penanganan yang cukup serius agar pasiennya mendapatkan solusi pengobatan dari penyakit mematikan ini. Salah satu solusi yang kini telah membooming dikalangan dokter dan kesehatan adalah dengan melakukan operasi pasang ring pada organ jantung didalam tubuh pasien.

Pasang ring jantung umumnya lebih dikenal dengan nama pasang stent atau cincin pada organ jantung. Perlu diketahui bahwa pasang ring jantung merupakan sebuah prosedur untuk memperlebar pembuluh darah koroner pada bagian jantung yang tersumbat dan menyempit. Memasang ring jantung ini dimaksudkan untuk membuka pembuluh darah koroner dalam jantung spaya jantung dapat kembali menerima asupan darah yang cukup. Nah, untuk mengetahui tentang operasi ring yang dilakukan pada jantung dengan lengkap maka simak pembahasan selengkapnya berikut ini :



Kondisi Ring Jantung Perlu Dipasang

operasi pasang ring jantung pada tubuhBagi yang belum mengetahui hal ini, tentunya kamu ingin tahu bukan dalam kondisi apa dan bagaimana ring jantung ini perlu dipasang. Nah, menurut pada dokter spesialis jantung, ring jantung dibutuhkan saat seseorang mulai terdeteksi mengidap penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini umumnya terjadi karena pembuluh darah koroner pada bagian jantung ini menyempit sehingga seluruh kerja organ-organ tubuh yang lainnya pun ikut terhambat karena aliran darah sebagai bahan vital yang dialirkan keseluruh tubuh yang membutuhkan asupannya tersebut melewati pembuluh darah koroner.

Oleh karena itu, apabila seseorang mengalami penyempitan dan penyumbatan sebagai akibat dari lemak yang menumpuk serta kalsium yang mengendap pada jantung akan sulit untuk mendapatkan pasokan darah dan oksigen untuk dialirkan. Dan yang lebih fatal lagi, hal ini dapat menyebabkan otot-otot jantung mengalami kematian sehingga berjung dengan kematian seseorang.



Prosedur Dalam Memasang Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantungPasang ring jantung diperlukan saat pembuluh darah koroner menyempit, dalam keadaan demikian maka dibutuhkan sebuah penyanggah supaya pembuluh darah terbuka dan aliran darah serta oksigen dapat lancar mengalir ke otot jantung. Oleh karenanya ring jantung diperlukan untuk membuka pembuluh darah supaya lebih lebar lagi.


Prosedur memperlebar pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan ini dilakukan dengan melakukan suntikan anestesi pada pangkal paha. Kemudian dokter spesialis bedah jantung melakukan langkah selanjutnya dengan memasukkan selang kecil atau dalam bahasa medisnya disebut kateter ke dalam lengan atau tungkai. Didukung dengan bantuan gambar pada layar monitor, dokter mengarahkan selang kecil tersebut pada arah arteri yang sedang menyempit atau mengalami penyumbatan didalam jantung.


Setelah itu menginjak pada langkah selanjutnya dengan disediakannya kateter kedua yang memiliki ukuran lebih serta dilengkapi balon dan ring jantung atau stent. Lalu kateter yang kedua tersebut disambungkan pada kateter pertama yang sudah dimasukkan ke dalam pembuluh darah itu. Ujung pada kateter kedua ini haruslah sampai kedalam sumbatan arteri koroner hingga balon pada kateter kedua tersebut bisa ditiupkan dan melakukan perlebaran pada bagian yang tersumbat atau menyempit didalam arteri koroner. Cincin atau ring jantung yang dipasang didalam arteri koroner ini dibuat dari paduan dan jalinan logam yang kecil dengan bentuk tabung dan berguna sebagai penyanggah supaya pembuluh darah tetap terbuka sehingga tidak mengalami penyumbatan dalam memasok darah serta oksigen kedalam otot jantung.



Perawatan Pasca Operasi Ring Jantung

perawatan pasca operasi jantungPerawatan setelah operasi pasang ring jantung ini sangat perlu dilakukan untuk mendukung proses pemulihannya. Sebagai contoh seperti terapi, kontrol serta mengkonsumsi jenis-jenis makanan pendukung yang dianjurkan dalam perawatan pasca operasi. Para pasien dianjurkan agar memiliki pola makan yang seimbang juga menghindari asupan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Makanan yang berkolesterol tersebut seperti jeroan atau organ dalam hewan, kambing, sapi, kuning telur, susu dan masih banyak lagi.


Selain itu wajib pula dihindari makanan-makanan yang mengandung natrium dan trigleserida seperti margarin, garam, gula, santan dan minyak goreng. Sedangkan makanan yang menjadi anjuran adalah buah-buahan, minyak zaitun, minyak salmon, sayuran dan gandum. Hal lain yang diperlukan adalah mengikuti arahan dari dokter tentang terapi dan kontrol yang diperlukan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kondisi jantung yang berkesinambungan dan untuk dapat mengetahuinya dengan pasti, sebaiknya pasien tersebut melakukan USG secara rutin pada jantung. Dengan demikian pasien akan mengetahui dan mengikuti anjuran yang aman dengan tujuan segera memiliki keadaan yang membaik.



Kisaran Biaya pasang Ring Jantung

biaya operasi pasang ring jantungHal pertama yang sering terfikir dalam benak pasien maupun keluarga pasien yang akan melakukan operasi pasang ring jantung ini biasanya adalah berapa biaya operasi pasangnya. Nah, hal ini tentu saja penting untuk dipertimbangkan sebagai persiapan utama terlaksanya sebuah operasi. Biaya pasang operasi ring jantung ini tergantung dari kualitas ring jantung yang dimiliki. Ring jantung yang memiliki kualitas tinggi bisa bertahan sampai 7 tahun dan bebas dari serangan jantung. Kisaran harga ringnya adalah antara 45-75 juta rupiah.


Namun kisaran tersebut belum termasuk biaya kateter, perawatan dan penginapan serta dokter spesialisnya. Dengan seluruh rincian yang ada maka kisaran biayanya sekitar 150-250 juta rupiah. Perlu diketahui jika didalam jantung terdapat lebih dari satu penyumbatan pembuluh darah, maka ring jantung yang dibutuhkan sebanyak pembuluh darah yang mengalami penyumbatan. Bagi sebagian kalangan, kisaran harga tersebut sangatlah mahal bahkan kebanyakan penderita tidak mampu melakukan operasi ini karena tidak memiliki biaya yang cukup.



Efek Samping

efek samping pemasangan ring jantungSelain biaya yang sangat mahal, pasang ring jantung juga memiliki resiko dan efek samping seperti beberapa contoh yaitu tekanan darah yang menurun, terjadinya pembekuan darah serta reaksi tertentu pada bahan yang dipakai ketika memasang ring. Resiko yang paling besar kedua adalah apabila stent atau ring tersebut pecah disebabkan oleh terjadinya penyumbatan keras sehingga harus melakukan operasi bypass agar dapat menyelamatkan nyawa pasien dan yang paling buruk adalah kegagalan operasi yang dapat berujung pada kematian.


Operasi ini dilakukan dengan membuat saluran baru melewati arteri koroner yang mengalami penyumbatan atau penyempitan untuk mendapatkan aliran darah baru sehingga dapat membawa oksigen serta nutrien lain menuju otot jantung. Saluran baru ini dibuat dari arteri atau vena sehat dari bagian lain pada tubuh kemudian dihubungkan dengan melakukan pencangkokan pada arteri koroner yang tersumbat dan menyempit.


Demikianlah seputar bahasan mengenai kesehatan tentang operasi ring jantung yang dapat kamu simak. Semua informasi tersebut akan memberikan kamu gambaran terkait dengan operasi stent atau ring pada jantung yang dilakukan oleh para penderita jantung koroner.


Sayangilah jantungmu dengan menjaga pola makan dan pola hidup sebagai langkah awal dalam pencegahan penyakit jantung. Hal ini dimaksudkan agar kemungkinan seseorang terserang penyakit jantung dapat berkurang serta kegiatan operasi pasang ring untuk penyakit jantung pun tidak harus dilakukan. Semoga bermanfaat.