View Full Version : Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Jantung


hanifmaulana09
14th September 2015, 03:28 PM
Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Jantung (http://www.obatpenyakitjantungkoroner.com/bahaya-asap-rokok-bagi-kesehatan-jantung/) » Banyak sekali masyarakat indonesia yang kecanduan sekali oleh asap roko dari mulay usia lanjut, dewasa, laki-laki, dan wanita bahkan anak-anak umur 7 tahun sudah mengenal dengan asap rokok, merokok adalah kebiasaan buruk bagi kita dan sangat susah sekali untuk berhenti dari asap rokok ini, Apa itu rokok ?.
Rokok

http://www.obatpenyakitjantungkoroner.com/wp-content/uploads/2015/09/Screenshot_157.png
Rokok ialah silinder dari kerets yang berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun tembakau yang telah di olah. Rokok ini dibakar pada salah satu ujung dan dihisap dari ujung yang lainnya. Orang pertama yang pertamakali meroko di dunia adalah bangsa indian di amerika serikat. untuk melakukan ritual contohnya seperti memuja dewa ataupun roh. Pada abad ke 16, ketika masyarakat eropa menemukan benua amerika, sebagian dari para penjelajah eropa itu ikut mencoba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke eropa. Dan kebiasaan meroko mundul dari kalangan bangsawan eropa.
Apakah anda tahu bahwa didalam kandungan rokok tersebut memiliki efek yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita tentunya pada organ terpenting dalam tubuh yaitu JANTUNG ?? Disini kami akan merangkum tentang bahaya asap roko bagi kesehatan jantung.
Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Jantung

http://www.obatpenyakitjantungkoroner.com/wp-content/uploads/2015/09/Screenshot_158.png
Para penelitian telah membuktikan bahwa merokok ada hubungannya dengan penyakit jantung koroner. Merokok telah menjadi faktor utama penyebab penyakit pembuluh darah jantung tersebut. Bukan hanya menyebabkan penyakit jantung koroner, meroko juga dapat berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan perifer.
Asap rokok yang dihembuskan para perokok menjadi dua bagian yaitu asap utama dan asap samping. Asap utama adalah asap tembakau yang dihirup langsung oleh perokok, sedangkan asap samping merupakan asap tembakau yang disebarkan ke udara bebas, yang akan dihirup oleh orang lain atau disebut dengan prokok pasif.
Para peneliti telah menemukan 4000 jenis bahan kimia yang ada didalam rokok, di antaranya yang bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker, dimana bahan racun ini lebih banyak didapatkan pada asap samping, misalnya karbon monoksida (CO) 5 X lipat lebih banyak ditemukan pada asap samping dari pada asap utama, benzopiren 30 kali, dan juga amoniak 50 kali. Dari bahan-bahan tersebut dapat bertahan sampai beberapa jam lamanya dalan ruang setelah anda berhenti merokok.
Penelitian pada umumnya fokus ditunjukan pada peranan nikotin dan CO. dari kedua bahan ini, Selain meningkatkan kebutuhan oksigen, juga menganggu suplai oksigen ke otot jantung sehingga merugikan kinerja otot jantung.
Baca Juga : Obat Jantung (http://www.obatpenyakitjantungkoroner.com/)
Pada umumnya nikotin ini dapat mengganggu sistem saraf simpatis dengan akibat meningkatnya kebutuhan oksigen otot jantung. Selain mengakibatkan ketagihan merokok, nikotin ini juga dapat merangsang pelepasan adrenalin, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen jantung, serta menyebabkan gangguan irama jantung. Nikotin juga mengganggu kerja saraf, otak, dan banyak bagian tubuh lainnya. Nikotin mengaktifkan trombosit dengan akibat timbulnya adhesi trombosit (penggumpalan) ke dinding pembuluh darah.
Karbon monoksida menimbulkan desaturasi hemoglobin, menurunkan langsung persediaan oksigen untuk jaringan seluruh tubuh termasuk otot jantung (miokard). CO menggantikan tempat oksigen di hemoglobin, mengganggu pelepasan oksigen, dan mempercepat aterosklerosis (pengapuran/penebalan dinding pembuluh darah). Dengan demikian, CO menurunkan kapasitas latihan fisik, meningkatkan viskositas darah, sehingga mempermudah penggumpalan darah.
Cara Berhenti Merokok

http://www.obatpenyakitjantungkoroner.com/wp-content/uploads/2015/09/Screenshot_155.png