View Full Version : 2016, Pemprov DKI Mulai Pelebaran Trotoar Sudirman-Thamrin


partisusanti
18th September 2015, 09:11 PM
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melebarkan trotoar Jalan Sudirman hingga Jalan Thamrin pada tahun 2016. Kedua jalan protokol tersebut, akan dilebarkan antara 8 hingga 10 meter. Saat ini lebar eksisting trotoar sekitar 5-6 meter.

Kepala Dinas Binamarga DKI Jakarta, Yusmada Faizal mengatakan, pihaknya saat ini masih membuat desain trotoar Jalan Sudirman dan Thamrin. Rencananya, kata dia, trotoar di kedua jalan protokol itu akan dilebarkan 8-10 meter. Selain digunakan sebagai lajur pedestrian, juga akan digunakan sebagai jalur sepeda.

"Pak Gubernur memang menginginkan trotoar di Jalan Sudirman dan Thamrin tidak hanya digunakan untuk pejalan kaki, tetapi juga dibangun jalur sepeda. Sekarang desain masih berlangsung. Tahun depan kita harapkan bisa kita mulai pembangunannya," kata Yusmada, Jumat (18/9).

Jalur sepeda yang akan disediakan dalam desain trotoar seluas 2,4 meter. Juga akan ditanam pohon pelindung, sehingga pejalan kaki dan pesepeda merasa sejuk, tidak kepanasan.

"Jadi nanti luas trotoar kita sesuaikan antara lajur pedestrian dan lajur sepeda. Kita juga buat pembatas jalannya, supaya tidak ada kendaraan bermotor yang melalui jalur pedestrian dan sepeda di trotoar itu,” ujarnya.

Selain melebarkan trotoar, pihaknya juga akan membongkar separator pemisah jalur cepat dan jalr lambat di Jalan Sudirman-Thamrin.

Pembongkaran jalur cepat dan lambat di lokasi yang akan dibangun trotoar terintegrasi jalur sepeda merupakan instruksi Gubernur DKI Jakarta. Sehingga saat dibangun trotoar jalur kendaraan lainnya di Jalan Protokol tetap luas.

"Saat pembangunan Trotoar Sudirman-Thamrin, saparator pembatas jalur cepat lambat akan dibongkar," ungkapnya.

Mengenai jumlah lajur yang akan dibuat di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, pihaknya mengaku masih dalam kajian. "Mengenai lajur, apakah nanti ada tiga atau empat itu masih kita bahas," ucapnya.













http://www.beritasatu.com/megapolitan/308074-2016-pemprov-dki-mulai-pelebaran-trotoar-sudirmanthamrin.html

cengcengpho
6th December 2017, 03:02 PM
pembatas jalan guardrail murah (http://www.pt-cmp.co.id/product/guardrail-jalan-p349296.aspx) apa enggak sih?kan harus dipikir juga pembatas jalannya gimana