View Full Version : Wayang yang Dibanderol Rp75 Juta


sucyresky
21st September 2015, 07:41 AM
https://img.okezone.com//content/2015/09/19/320/1217209/wayang-yang-dibanderol-rp75-juta-JQv3g1iUIP.jpg
JAKARTA - Anda familier dengan seni wayang? Seni ini kini sudah mulai termakan zaman dan mulai pudar. Meski demikian, masih ada beberapa orang yang masih mengabadikan seni wayang ini.
Adalah Seniman Pekalongan, Dudung Alisah Bana, salah seorang yang masih membuat wayang. Bahkan, dia membuat wayang setinggi 3 meter yang dibanderol dengan harga Rp75 Juta. Wayang tersebut, adalah wayang gunungan, wayang beber yang konteks dalam model gunungan.

"Itu dikerjakan tiga orang, setiap orang mengerjakan bagiannya kurang lebih masing-masing tiga bulan, jadi sekitar sembilan bulan jadinya. Yang ngelukisnya bertiga, saya konsep dan kemudian saya punya asisten yang mengerjakan itu," ujar Dudung kepada Okezone.

Dudung menjelaskan wayang besar ini memiliki tema Tentang Bima Suci. Dia mengambil cerita ini dari kisah Mahabarata dan Ramayana. Dia berharap, dengan adanya wayang ini, masih dapat melestarikan budaya Indonesia.

"Jadi memang saya ingin industri kteratif itu terinpirasi oleh batik, artinya batik itu, bisa melampaui dimensinya sendiri. Artinya memberikan inspirasi kepada dunia kreatif kepada produk ekonomi kreatif, lewan wayang ini," tuturnya.
SUMBER : Okezone.com (http://economy.okezone.com/read/2015/09/19/320/1217209/wayang-yang-dibanderol-rp75-juta)