View Full Version : Bangun Pembangkit Listrik dari Rumput Laut? Siapa Takut!


partisusanti
15th October 2015, 02:25 PM
Metrotvnews.com, Purwakarta: Anak usaha PT PLN (Persero), yakni PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) sedang mengeksplorasi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas yang bersumber dari rumput laut.

Direktur Utama PJB, Muljo Adjie mengatakan, bersama Universitas Diponegoro (Undip), PJB sedang mempelajari pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas dari rumput laut.

"Kita juga mencoba eksplorasi sumber lain, sekarang kita pelajari dengan Undip teknologi dari Belanda, pembangkit listrik tenaga biogas dari rumput laut," kata Muljo di PLTA Cirata, Purwakarta, Kamis (15/10/2015).

Muljo menceritakan, banyak pihak yang menertawakan saat PJB berencana membuat pembangkit listrik dengan sumber energi baru terbarukan seperti rumput laut. Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rumput laut.

"Banyak, banyak yang mentertawakan PJB kenapa susah-susah bikin listrik dari rumput laut. Kita lihat negara kita besar, luas lautnya, banyak petani rumput laut," ucap dia.

Bila pengkajian mengenai pembangkit listrik bersumber rumput laut ini selesai dan terealisasi, Maka dapat menerangi pulau-pulau yang sulit terjamah dengan PLTU.

"Kalau ini berhasil kita bisa terangi pulau lain, bayangkan pakai batu bara mengangkut, ini butuh semangat tinggi," pungkas dia.
















http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/10/15/440933/bangun-pembangkit-listrik-dari-rumput-laut-siapa-takut