View Full Version : Target Pemasaran adalah Kunci Sukses Berbisnis Kopi


saudagarkopi
5th December 2016, 07:55 AM
Peluang Bisnis Kopi yang Menguntungkan

Sasaran bisnis kopi lumayan Berpotensi. Mulai kalangan remaja yang hobi nongkrong, pegawai kantoran, orang-orang keatas,

banyak dari mereka sangat hobi untuk menikmati secangkir kopi sambil mengobrolkan urusan mereka.

Jenjang ekonomi ke bawah seperti buruh dan pegawai biasa juga hobi mengkonsumsi secangkir kopi sambil membicarakan permasalahan yang sedang update, contohnya tentang berita nasional.
Paling tidak terdapat sebelas tahapan yang baiknya anda pikirkan untuk menekuni usaha kopi.

Cermati dengan seksama sebelas capaian berikut.

1. Target Pemasaran

Anda harus berpikir dengan matang kepada siapa target pemasaran anda.

Siapakah target utama usaha kopi ini?.

Berapa penghasilannya ?.

Seperti apa pemikiran mereka semua berkenaan dengan rasa suatu kopi?.

Komunitas apa saja mereka?.

Mahasiswa, buruh bangunan, kaum borjuis yang hobi main di angkringan, petinggi kantor, atau para penggemar kopi?.
Memahami pelanggan sangat menolong anda saat memetakan taktik yang akan dilaksanakan.

Misalnya lokasi yang strategis, serta harga yang pas untuk kopi anda.

Jika modal yang anda punya terbatas dan target konsumen anda ialah kelas tengah ke atas, anda dapat mencari teman maupun donatur yang bisa membantu usaha kopi anda. baca selengkapnya mengenai target pemasaran di leptin green coffee (http://jualgreencoffee.com/).

Langkah paling mudah memperoleh donatur ialah dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan wirausaha yang diadakan oleh banyak organisasi.

Apabila juara, anda akan mendapat pendanaan secara gratis.
2. Tempat Bisnis Kopi

Anda baiknya menentukan tempat yang cukup strategis untuk merintis usaha kopi.

Lokasi menjadi penentu kesuksesan di dalam perjalanan usaha.

Seumpamanya saja anda ingin menerapkan strategi kedai kopi sederhana, baiknya anda menentukan wilayah yang dekat dengan khalayak ramai.
Begitu pun apabila anda mau membuat strategi bisnis kopi dengan kafe. Sebaiknya untuk menentukan lokasi yang dekat dengan sekolah tinggi, mall, sekolahan, kantor, dan lain-lain.

Jangan membuat kafe kopi megah di sekitar pasar kecil yang cukup kumuh, pelanggan anda mustahil akan tertarik dengan kopi tersebut disebabkan harganya mahal.
Begitu juga, baiknya tidak membuka usaha kopi kecil-kecilan di tengah kota.

Pengunjung yang berhenti di sekitar situ susah untuk tertarik untuk melirik warung kopi anda.
3. Mancari Supplier

Ini merupakan hal yang penting, yang biasa di anggap sepele.

Apabila anda berbisnis kopi untuk sasaran konsumen kelas menengah ke bawah. Anda janganlah bingung mencari supplier, di pasar tradisional cukup banyak pedagang kopi.
Beda lagi apabila target anda adalah golongan menengah ke atas. Jika anda berencana memiliki pendapatan jutaan perhari, anda perlu menarget sasaran kopi ini.

Mereka ikhlas membayar besar, oleh karena itu konsumen anda pantas merasakan kopi terlezat yang tidak tertandingi.

Anda bisa saja pergi ke banyak tempat untuk menemukan kopi yang pas.

Lakukanlah, yang demikian adalah biaya penelitian yang sebaiknya anda usahakan.
4. Perencanaan Usaha

Langkah matang untuk bisnis kopi sangat diperlukan sebagai landasan kesuksesan bisnis kopi yang akan anda jalani.

Dengan adanya konsep yang kokoh, pastinya anda akan mudah di saat menjalankan usaha kopi ini.

Aroma kopi yang menggoda sangatlah kental di dalam diri kebanyakan orang secara luas, anda juga harus mengatur skema bisnis kopi ini.
5. Manfaat Kopi

Sangatlah banyak khasiat kopi yang bagus bagi tubuh. Seperti pencegah banyak penyakit, seperti kanker payudara, jantung kronis, diabetes, mengurangi sakit kepala, dan lain sebagainya.

Wawasan perlu anda kuasai agar lebih mengenal sisi menarik dari minuman hitam ini, dengan rasa berbeda, kopi dapat menjadi kesukaan bagi masyarakat.
6. Pilihan Kopi

Sangatlah penting bagi anda memulai usaha kopi dengan merencanakan pilihan varian kopi yang anda sajikan.

Dengan berbagai varian kopi, maka akan mempunyai keunggulan unik mengenai usaha kopi anda.

Contohnya dengan menggunakan jenis kopi yang dilengkapi berbagai macam aroma, hal tersebut akan menambahkan sensasi yang berbeda apabila anda memberikan jenis kopi dengan rasa moka.
7. Pegawai

Pegawai juga menentukan laju usaha anda, oleh karena itu bukan salahnya apabila anda menyeleksi anak buah yang tidak jauh dengan hidup anda atau mereka yang dianggap memiliki hubungan keluarga dengan anda.
Hal tersebut akan menentukan kesigapan, dan kualitas diri mereka. Demikian juga dengan strategi bagi anak buah pun baiknya anda hadirkan.

Berlandaskan konsep karyawan yang sesuai, misalnya seragam serta fasilitas pelayanan pada pembeli, maka akan menimbulkan kesan tersendiri dari sebagian besar pelanggan pada bisnis kopi anda.
8. Perizinan Usaha

Izin usaha cukup urgen untuk memastikan keresmian bisnis yang anda jalani.

Selain itu, dengan perizinan, maka anda bakal semakin mudah di dalam memulai dan membesarkan bisnis kopi anda.
9. Servis Memuaskan

Selalu memberikan pelayanan bagus serta memuaskan akan sangat membantu anda saat mengelola usaha.

Yang demikian akan menjadi nilai tambah yang cukup susah untuk didapatkan oleh pelanggan dari bisnis kopi lainnya.

Usahakan perdagangan kopi anda menjadi sebuah usaha yang memiliki etika, sebab ini akan menyebabkan respon yang luar biasa dari para pelanggan.

Ditambah pelayanan yang bagus dan ramah, anda pun harus mementingkan kehigienis dari lokasi yang anda gunakan untuk usaha kopi tersebut.
10. Konsep Ampuh

Bukan masalah jika anda memiliki strategi sampingan untuk menjalankan usaha kopi anda.

Contohnya dengan melengkapinya dengan bermacam-macam menu santapan yang lezat untuk menjadi sahabat di saat meminum kopi. Dengan begitu pelanggan akan semakin dimanjakan dengan pelayanan yang memuaskan.
11. Teknik Pemasaran

Anda bisa menggunakan teknik pemasaran internet maupun non online.

Apabila anda telah menjalankan strategi usaha offline, jadi anda bisa menggunakan sosial media untuk mempromosikan usaha kopi anda secara non offline.

Jadi akan semakin besar yang mengetahui bisnis kopi yang sedang anda jalankan.