PDA

View Full Version : Ingin Mencegah Batu Ginjal? Lakukanlah Cara Ini!


anggisaputra
15th December 2016, 08:56 AM
Batu ginjal, pasti sebagian besar dari anda pernah mendengarnya kan? Dan sekarang ini sudah banyak masyarakat di antara kita mengalami penyakit yang satu ini.

Biasanya gejala yang di berikan penyakit ini adalah nyeri yang amat sangat menyakitkan dimulai pada sisi tubuh atau punggung, dibawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha bisa terjadi adanya keberadaan batu ginjal.

Pada saluran urin, seiring dengan berjalannya waktu akan mengakibatkan rasa nyeri. Batu ginjal juga bisa menyebabkan Anda kesulitan berkemih dan hal ini akan semakin memperburuk kondisi Anda.

Maka dari itu, janganlah anda menganggap sepele penyakit yang satu ini, karena jika tidak cepat di tangani akan dapat membahayakan jiwa anda.

Nah, pada kesempatan kali ini mari kita dengan seksama membahas tentang bagaimana cara mencegah/menghindari terbentuknya batu dalam tubuh kita ini. Agar lebih jelasnya anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Cara mencegah batu ginjal terbentuk di dalam tubuh
Dengan langkah-langkah berikut Anda bisa menghindari terbentuknya batu dalam ginjal anda, berikut diantaranya:


Minumlah air minimal 6 sampai 8 gelas sehari
Biasanya yang terdiri dari kalsium baik itu fosfat maupun oksalat ialah batu ginjal. Yang biasanya dibuang melalui urin yaitu mineral yang diserap dari makanan. Mineral dapat mengkristal untuk menjadi batu, ketika urin terlalu pekat. Setidaknya untuk menjaga urin supaya tidak terlalu menjadi pekat minumlah enam sampai delapan gelas air sehari.

Berolahraga
Jika Anda ingin mengurangi resiko terkena batu ginjal, dengan berolahragalah Anda bisa melakukannya, sebanyak lebih dari 33 persen, di dalam sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology sebanyak lebih dari 33 persen. lakukanlah jogging selama satu jam atau berjalan kaki tiga jam dalam seminggu, akan mampu mengubah cara tubuh Anda menangani mineral yang masuk melalui makanan dan mengurangi mineral itu berkembang menjadi batu ginjal.

Minuman bersoda
Brigham and Women’s Hospital dalam studi terbarunya menemukan bahwa orang yang minum setidaknya satu porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki resiko 23 persen lebih tinggi terkena batu ginjal daripada mereka yang minum kurang dari satu porsi dalam seminggu. Mengapa? Karena fluktosa didalam minuman tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Tingkatkan asupan Kalsium
Karena biasanya batu ginjal terbentuk dari kalsium, banyak orang sebenarnya berpikir bahwa menghindari mineral ini dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Tapi, berbagai penelitian ilmiah membuat kita tahu bahwa justru yang sebaliknya yang benar. Kalsium sebenarnya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengikat oksalat di usus sehingga tidak mencapai ginjal.

Nikmatilah secangkir kopi tanpa kaffein di pagi hari
Minumlah setidaknya satu cangkir kopi berkafein memiliki resiko 26 persen lebih rendah menderita batu ginjal. Sedangkan orang yang meminum kopi tanpa kafein memiliki resiko 16 persen lebih rendah, dan premium teh 11 persen lebih rendah, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology.

Waspadai sindrom metabolik
Kondisi serius yang berhubungan dengan serangan jantung, diabetes, dan bahkan kematian ialah sindrom metabolik. Kelebihan lemak perut, trigliserida darah tinggi, HDL rendah, tekanan darah tinggi, dan gangguan toleransi glukosa itulah tanda-tandanya. Peluang Anda untuk mengembangkan batu ginjal adalah 54 persen jika Anda memiliki dua ciri-ciri tersebut, dan 70 persen jika Anda memiliki tiga dari lima gejala tersebut.

Kurangi protein
Terlalu banyak protein dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk batu ginjal berkembang menurut para ahli. Cobalah untuk mengurangi asupan daging terutama daging merah.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari anda jika anda ingin diri anda terhindar dari ancaman batu ginjal ini. Untuk itu cobalah sebisa mungkin anda mengubah gaya hidup dan juga pola makan yang sehat agar segala macam penyakit tidak dapat menyerang tubuh anda termasuk batu ginjal ini.

Baca juga: Tips Menjaga Organ Ginjal Agar Tetap Sehat (http://www.tokoacep.us/tips-menjaga-organ-ginjal-agar-tetap-sehat.html)

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi di dalam artikel kesehatan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sudah meluangkan waktu untuk membacanya. Sekian dari saya Terima kasih ;)

angeldugan
15th December 2016, 10:07 AM
minum air putih memang sangat baik untuk kesehatan ya, terima kasih infonya
baca juga informasi seputar persalinan sungsang (http://www.solusisehatku.com/benarkah-persalinan-sungsang-faktor-keturunan)