PDA

View Full Version : Inilah Ciri-Ciri Dari Kanker Limfoma Yang Harus Anda Ketahui


anggisaputra
27th December 2016, 10:40 AM
Kanker kelenjar getah bening (http://www.tokoacep.us/penyebab-dan-cara-mengobati-kanker-kelenjar-getah-bening.html), mungkin anda pernah mendengar tentang salah satu kanker yang menyerang sel pada kelenjar getah bening. Yang mana salah satu jenis kanker ini biasa di kenal dengan nama kanker limfoma, kanker limfoma merupakan salah satu bentuk kanker yang bisa sangat berbahaya jika di biarkan. Mengapa bisa berbahaya? Karena penyakit kanker ini berhubungan dengan sistem pertahanan tubuh.

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini akan muncul ketika kelenjar getah bening pada bagian tubuh tertentu terinfeksi dan membengkak. Dan kelenjar getah bening ini merupakan salah satu organ pada tubuh yang memiliki peran penting dalam mengatur sistem pertahanan tubuh atau imunitas tubuh.

Kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh apabila dilewati oleh antigen, yang mana antigen ini dapat melakukan infeksi dan ketika melakukan proses melawan antigen, antigen tersebut melakukan pertahanan. Oleh sebab itu bisa terjadi kondisi dimana kelenjar getah bening ini membesar.

Jenis Limfoma
Kanker kelenjar getah bening atau limfoma, memiliki 2 bentuk yang berbeda. Yaitu:

1. Hodgkins Limfoma

Sel kanker ini akan dapat menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening yang berasal dari sel darah putih. Hodgkins limfoma ini hanya berjumlah 10% dari kasus limfoma atau kelenjar getah bening yang ada di dunia.

2. Non-hodgkins Limfoma

Bentuk ke-2 dari kanker limfoma ini adalah non-hodgkins limfoma yaitu bentuk kanker yang asal pertumbuhan sel kankernya bukan berasal dari bagian sel darah putih. Dan kanker jenis ini biasanya berasal dari infeksi kanker yang terjadi pada organ lainnya, yang menyebar ke kelenjar getah bening. Non-hodgkins limfoma ini merupakan kasus dari kanker limfoma yang sering terjadi.

Penyebab Kanker Limfoma
Non-Hodgkins Limfoma

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya kanker limfoma atau kelenjar getah bening ini terjadi, diantaranya:


Faktor genetik
Sistem kekebalan tubuh yang lemah
Racun yang berasal dari lingkungan
Merokok
Minuman beralkohol
Infeksi dari organ lain yang terserang kanker
Virus
Peradangan

Ciri-ciri Kanker Limfoma Sesuai Jenisnya
Hodgkins Limfoma

Hodgkins limfoma memiliki beberapa ciri umum yang timbul, yaitu:


Pembengkakan limfa atau kelenjar getah bening yang tidak terasa sakit pada bagian leher
Rasa lelah yang berlebihan
Demam tinggi dan perasaan menggigil
Berkeringat pada malam hari
Hilangnya nafsu makan
Gatal-gatal
Sensitif terhadap alkohol

Non-Hodgkins Limfoma

Non-hodgkins limfoma juga memiliki ciri yang hampir mirip dengan hodgkins limfoma. Ciri-ciri tersebut adalah:


Kelenjar getah bening yang jadi membesar
Pembengkakan yang terjadi di bagian perut
Rasa sakit pada bagian dada
Batuk-batuk
Nafas terasa sesak
Demam
Turunnya berat badan
Anemia

Ciri-Ciri Kanker Limfoma Sesuai Lokasinya
Ciri dari kanker limfoma non-hodgkins dapat kita bagi sesuai dengan lokasi limfoma yang terjadi, berikut ciri dari limfoma menurut lokasinya:

Kanker Limfoma Pada Bagian Perut
Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening jenis non-hodgkins limfoma dapat kita bagi sesuai dengan lokasi limfoma yang mengalami pembengkakan dan pembesaran. Proses pembengkakan ini akan memaksa dan menyesaki bagian otot pada perut, sehingga akan membuat bagian perut menjadi membengkak. Hal seperti ini sebenarnya di sebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:


Rasa sakit yang terjadi di bagian perut
Rasa tidak nyaman di perut (terasa ingin muntah)
Mengalami muntah-muntah

Kanker Limfoma Pada Bagian Dada
Ketika bagian kelenjar getah bening pada bagian dada mulai terinfeksi dan membengkak, maka kelenjar getah bening pada bagian trakea dan rongga dada akan mengalami sesak karena penyempitan. Dimana hal ini akan membuat sesak napas dan kesulitan untuk bernapas, selain itu kelenjar getah bening pada bagian ini juga dapat mendesak bagian superior vena cava yang memiliki tugas untuk mengalirkan darah, yang mana hal seperti ini akan dapat menimbulkan:


Pusing yang terasa pada bagian kepala
SVC syndrome, gejala penyumbatan vena

Kanker Limfoma Pada Bagian Kulit
Limfoma yang terdapat pada daerah kulit apabila mengalami pembengkakan, akan merasakan hal berikut ini:


Gatal-gatal
Benjolan yang berwarna merah atau biru di bawah kulit

Kanker Limfoma Yang Menyerang Bagian Otak
Limfoma yang berada pada bagian otak, atau yang biasa di sebut dengan primary brain lymphoma, akan dapat menyebabkan hal-hal di bawah ini:


Sakit kepala
Masalah
Kelemahan pada bagian-bagian tubuh
Perubahan kerpribadian

Baca Artikel Lainnya: Cara Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Limfoma (http://www.tokoacep.us/cara-ampuh-untuk-mencegah-penyakit-limfoma.html)

Mungkin hanya itu saja yang dapat di sampaikan, semoga dengan adanya informasi di atas akan dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dari saya terima kasih…