PDA

View Full Version : Cara Mengatasi Stres Yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Asma


anggisaputra
9th January 2017, 11:59 AM
Bagi anda yang sedang menderita asma, pasti akan sangat terganggu sekali ketika gejala asma (http://www.tokoacep.us/tanda-tanda-awal-terjadinya-asma.html) tersebut kambuh. Dan seringkali bingung dengan bagaimana cara mengatasi asma ini dengan tepat tanpa membahayakan kesehatan tubuh. Apalagi jika sedang stres, seringkali anda akan mulai merasa bahwa asma yang anda miliki akan kambuh yang seketika yang juga akan dapat menyiksa anda.

Bagi anda penderita asma yang sedang stres, sebenarnya bisa mengatasi kondisi stresnya tersebut untuk dapat mengurangi resiko timbulnya gejala asma yang sangat mengganggu. Dan bagi anda penderita asma yang sedang stres seringkali akan sulit untuk mengendalikan stres tersebut sehingga akan mengalami suatu masalah kesehatan seperti:


Kesulitan untuk tidur
Tubuh menjadi kurang sehat yang di akibatkan karena kurangnya berolahraga
Merasa sulit untuk berkonsentrasi
Sangat sensitif dan mudah marah
Seringkali jauh dari pergaulan, maupun itu dengan teman atau dengan keluarga
Terjadinya perubahan nafsu makan
Mengalami depresi

Namun, pada saat gejala asma anda meningkat maka penderita asma akan merasakan gejala seperti sulitnya untuk bernapas dan batuk yang tiada henti. Dan dengan meningkatnya gejala asma tersebut maka akan dapat memperburuk kesehatan anda.

Jika stres yang anda alami sudah parah, kecemasan tersebut akan berubah menjadi panik yang juga akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda, seperti:


Mengalami sesak napas
Terasa seperti di cekik
Mengalami masalah pada jantung (http://www.tokoacep.us/6-kondisi-yang-dapat-menyebabkan-adanya-masalah-pada-jantung.html)
Mengalami gemetaran yang terlalu sering
Sering merasa pusing
Mengeluarkan keringat berlebih
Badan penderita menjadi panas dingin
Seringkali kehilangan kontrol untuk mengendalikan dirinya

Dan sekarang mari kita membahas dengan seksama mengenai cara untuk mengatasi stres agar gejala asma yang anda miliki tidak kambuh.

Cara Mengatasi Stres Yang Menyebabkan Asma
Ada beberapa cara yang dapat mengatasi stres yang sedang anda alami, untuk dapat mencegah gejala asma anda kambuh kembali. Agar lebih jelasnya coba anda simak uraian di bawah ini:


Konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Cobalah anda mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki serat dan kandungan yang baik untuk tubuh anda, dan coba juga usahakan untuk menjauhi alkohol dan kafein.
Coba untuk bernapas dalam-dalam. Usahakan untuk bernapas dalam-dalam, agar saat anda merasa panik atau terserang rasa cemas anda dapat melakukan pernapasan yang dalam secara perlahan. Yang mana langkah seperti ini adalah suatu cara untuk mengatasi rasa stres yang mungkin akan anda alami.
Lakukanlah olahraga yang ringan. Lakukanlah olahraga yang ringan seperti bersepeda, jogging atau yang lainnya, agar stres yang sedang anda alami dapat teratasi dengan mudah. Beginilah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala asma anda kambuh kembali.
Usahakan untuk tidur maksimal 8 jam. Usahakan bagi anda yang memiliki asma untuk tidak pernah mengalami kurang tidur, karena dengan seringnya anda mengalami kurang tidur maka akan menimbulkan gejala asma anda kembuh kembali. Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin gejala asma yang anda miliki mengganggu aktivitas harian anda, anda dapat mengubah pola tidur anda menjadi 7-8 jam karena waktu ini adalah waktu ideal untuk tidur.
Cobalah untuk mengurangi stres. Cobalah untuk menghindari terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya stres (http://www.tokoacep.us/inilah-faktor-yang-menyebabkan-stres-menurut-para-ahli.html), untuk dapat mengurangi resiko gejala asma kambuh kembali.

Baca juga:

Pengobatan Asma Pada Anak Secara Alami (http://www.tokoacep.us/pengobatan-asma-pada-anak-secara-alami.html)
Pengobatan Asma Bronkial Dengan Obat Alami (http://www.tokoacep.us/pengobatan-asma-bronkial-dengan-obat-alami.html)

Itulah cara mengatasi stres yang seringkali menjadi penyebab asma anda kambuh kembali, oleh karena itu sangat di sarankan bagi anda untuk melakukan cara di atas jika sewaktu-waktu asma anda kambuh yang di akibatkan karena seringnya mengalami stres. Dan juga bagi anda penderita asma yang sering stres, cobalah untuk membuang semua pikiran yang menjadi beban pada kepala anda. Pikirkan selalu hal yang positif untuk dapat merileks kan pikiran anda.