PDA

View Full Version : Cara Mudah Mencegah Mata Dari Kebutaan


anggisaputra
10th January 2017, 01:43 PM
Sebagian besar dari kalian pasti ada yang tidak mempedulikan kesehatan mata, karena sudah merasa bahwa anda tidak memiliki gangguan apapun itu pada penglihatan. Padahal mungkin saja anda sudah terancam penyakit pada mata yang tidak menimbulkan gejalanya terlebih dahulu. Tapi mungkin seharusnya anda harus lebih memperhatikan kesehatan mata anda, karena biasanya anda bisa memperhatikannya pada saat anda menyadari bahwa mata ada sedang sakit atau ada gangguan lainnya.

Dan juga pasti anda berpikir bahwa hanya faktor usia saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata anda, namun sebenarnya tidak begitu. Mungkin penyebab mata anda mengalami kerusakan bukan hanya di sebabkan oleh faktor usia saja tapi ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata bahkan bisa juga menyebabkan kebutaan.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini mari kita bersama-sama membahas tentang cara mencegah mata kita dari kebutaan. Pastinya anda bertanya-tanya kan, bagaimana caranya untuk bisa menjaga mata agar terhindar dari kebutaan? Untuk itu mari kita simak ulasan yang satu ini dengan seksama.

Kebutaan pada mata, bisa saja terjadi karena adanya faktor-faktor tertentu, juga bisa saja terjadi pada siapapun dan kapanpun tanpa memandang usia muda hingga usia senja. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadarinya bahwa resiko kebutaan ini bisa di cegah sejak dini.

Tapi sebelum kita membahas tentang pencegahan, ada baiknya terlebih dahulu kita membahas tentang penyakit apa saja yang dapat menyebabkan kebutaan yang mana anda juga sudah mengetahuinya bahwa penyakit penyakit ini yang sering menyerang pada bagian mata. Berikut di antaranya.

Penyakit yang dapat mengakibatkan kebutaan

Di bawah ini ada beberapa jenis penyakit yang biasanya sering mengganggu bagian mata, seperti berikut:


Katarak, lensa mata yang berkabut biasanya tanpa di sadari karena katarak berkembang dengan sangat perlahan.
Age-Related Macular Degeneration (AMD), adalah salah satu penyakit orang tua di mana terjadi kehilangan progresif dari sel-sel retina.
Diabetic retinopathy, hanya menyerang orang-orang yang mengidap diabetes dan juga bisa menjadi penyebab kebutaan.
Glukoma, adanya kerusakan pada saraf mata yang paling sering di sebabkan oleh adanya tekanan cairan dalam bola mata yang terlalu tinggi.

Nah, sekarang mari kita lanjutkan pembahasannya yaitu tentang cara mencegah terjadinya kebutaan pada mata.

Tips sederhana mencegah mata dari kebutaan

Berikut ada beberapa cara yang dapat menjadi upaya pencegahan untuk mencegah kebutaan, diantaranya:


Periksa kesehatan mata
Sekarang ini sudah banyak sekali penyakit mata yang serius dan juga tidak memiliki gejala apapun, tapi jika anda mendeteksinya sejak dini hal tersebut sangatlah penting untuk dapat memastikan apakah mata anda butuh perawatan dan pengobatan atau tidak yang dapat menyelamatkan penglihatan anda.

Berhenti merokok
Untuk anda yang memiliki kebiasaan merokok akan dapat memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita AMD, yang mana penyakit ini sering di sebut dengan “penyakit orang tua”.

Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan yang memiliki lemak tinggi dan kurang nutrisi juga dapat meningkatkan resiko AMD, cobalah untuk menjaga kondisi kesehatan anda dan penuhi asam lemak omega-3 dan sayuran hijau.

Lindungi mata dari paparan sinar matahari
Sinar matahari sebenarnya sangat berkaitan erat sekali dengan peningkatan resiko AMD dan katarak, cobalah untuk memakai kacamata hitam untuk bisa mengurangi paparan sampai 99 persen UVA dan UVB saat anda sedang berada di luar rumah.

Gunakan pelindung mata
Di saat anda sedang melakukan aktivitas seperti bermain, berolahraga, atau bekerja dengan alat-alat listrik, cobalah untuk menggunakan safety glasses atau kacamata pelindung yang berstandar SNI.

Cegah diabetes
Bagi orang-orang yang sedang menderita diabetes, akan memiliki resiko yang cukup tinggi terkena salah satu penyakit mata yang menyebabkan kebutaan, juga masalah mata lainnya.

Kurangi minum alkohol
Pemabuk berat akan sangat memiliki resiko untuk menderita katarak dan juga penyakit mata yang lainnya, karena kandungan yang di miliki oleh alkohol ini memiliki zat-zat berbahaya yang dapat merusak saraf-saraf pada mata hingga memiliki ancaman terjadinya kebutaan.

Itulah tips/cara mencegah mata agar tidak terkena kebutaan, untuk itu sangat di sarankan sekali bagi anda menjalankan cara pencegahan ini di mulai sejak dini agar mata anda tetap sehat dan terhindar dari ancaman kebutaan.

Baca juga artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat :o:

gilangjonono
29th September 2017, 03:47 PM
sekedar nambahin info gan kaitannya dengan kesehatan..kalo di dunia industri biasanya alat safety (http://www.tokosafetyonline.com/product/supplier-alat-safety-p283347.aspx) Emergency Eyewash. Fungsinya membersihkan mata dengan air ketika cidera mata karena terkena kotoran, debu, cairan kimia dan bahan berbahaya lainnya.