PDA

View Full Version : Inilah Gejala Yang Timbul Jika Anak Terkena Diabetes Tipe 1


anggisaputra
19th January 2017, 03:14 PM
Diabetes, merupakan suatu penyakit yang sudah tidak asing lagi di negara kita ini. Diabetes membuat hampir seluruh masyarakat di Indonesia mengidap penyakit diabetes ini, dimana diabetes ini dapat menyerang seseorang dengan berbagai usia. Dan mungkin sebelumnya anda menyangka bahwa penyakit diabetes ini hanya dapat di alami oleh orang tua saja, tapi ternyata tidak hanya orang tua, anak-anak juga bisa mengalami diabetes contohnya diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 ini merupakan penyakit diabetes yang biasanya terjadi pada anak, yang mana di sebabkan karena adanya gangguan pada bagian fungsi pankreas sehingga pankreas tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup. Insulin ini adalah suatu hormon yang di lepaskan oleh kelenjar pankreas untuk dapat membantu tubuh menyerap gula atau glukosa, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol.

Terjadinya diabetes tipe 1 juga bisa di sebabkan karena adanya kesalahan pada sistem imunitas tubuh dalam menjalankan tugasnya untuk melawan setiap ancaman yang membahayakan tubuh. Diabetes tipe 1 ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dengan cara menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas.

Oleh sebab itulah anak-anak dapat mengalami diabetes tipe 1 karena banyak sekali gula darah yang sudah menumpuk di dalam aliran darah, sehingga kadar gula darah anak menjadi naik. Tapi bisa juga kondisi diabetes tipe 1 ini di sebabkan karena faktor genetik atau keturunan yang mana orang tua dari anak tersebut memiliki riwayat diabetes.

Gejala Diabetes Tipe 1 Pada Anak
Biasanya gejala yang di timbulkan oleh diabetes tipe 1 ini sangat cepat, kurang lebih hanya dalam waktu 1 minggu saja, untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkannya agar anda dapat memberikan pencegahan sejak dini. Berikut gejala dari diabetes tipe 1, yaitu:

1. Rasa haus jadi meningkat dari biasanya dan jadi lebih sering buang air kecil
Kadar gula yang meningkat akan dapat membuat tubuh merespon dengan cepat mengenai cara untuk menghilangkan glukosa melalui ginjal, hal seperti ini akan dapat membuat anak menjadi lebih sering membuang air kecil dalam jumlah yang banyak. Dan bukan hanya itu, anak juga akan lebih sering merasa haus karena banyaknya cairan di dalam tubuhnya yang keluar.

2. Jadi sering merasa lapar
Mengapa mereka jadi sering merasa lapar? Karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup sehingga glukosa atau gula yang di hasilkan dari makanan tidak mampu diserap oleh tubuh secara keseluruhan. Hal ini akan dapat membuat sel yang ada di dalam tubuh anak menjadi kekurangan energi, akibatnya anak akan lebih sering merasa kelaparan.

3. Berat badan jadi menurun
Memang mungkin anak yang sedang menderita penyakit diabetes ini seringkali merasa lapar, namun meskipun sudah makan dalam porsi besar setiap harinya berat badannya sangat menurun drastis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena tubuh tidak dapat menyerap gula darah yang ada di dalam tubuh, maka dari itu tubuh akan membuat jaringan otot dan cadangan lemak jadi menyusut sehingga penurunan berat badan pun terjadi.

4. Sering mengalami kelelahan
Kondisi tubuh yang tidak dapat menyerap gula dari makanan akan membuat tubuh jadi kekurangan energi, karena sel-sel yang ada di dalam tubuh anak tidak dapat mendapatkan energi yang cukup sehingga anak seringkali mengalami kelelahan.

5. Menjadi cepat marah
Tidak hanya masalah fisiknya saja yang mendapatkan efek dari gejala diabetes tipe 1 ini, tapi juga mentalnya sama mendapatkan efek dari diabetes tipe 1. Yang mana anak tersebut seringkali cepat marah.

6. Memiliki infeksi jamur
Bagi anak perempuan yang belum memasuki masa pubertas dan sedang menderita diabetes tipe 1 mungkin akan lebih memiliki infeksi jamur pada bagian vagina.

Nah, itulah gejala yang di timbulkan dari diabetes tipe 1. Untuk itu jika gejala-gejala diabetes tipe 1 diatas tidak segera anda kenali, maka anak anda akan dapat mengalami sakit perut, mual, muntah, bau mulut, kesulitan bernapas dan bahkan bisa kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, kenali dengan baik apa saja gejala dari diabetes tipe 1 ini agar anda bisa segera mencegahnya.

Baca juga:


Cara Mengatasi Diabetes Gestasional Setelah Melahirkan (http://www.tokoacep.us/cara-mengatasi-diabetes-gestasional-setelah-melahirkan.html)
Inilah Anggapan Mengenai Diabetes Yang Ternyata Salah! (http://www.tokoacep.us/inilah-anggapan-mengenai-diabetes-yang-ternyata-salah.html)

Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat… :o:

destidesty
23rd January 2017, 09:09 AM
everything has a side effect, even though we know that its herb medicines, so whats the nex of side effect?