PDA

View Full Version : Ingin Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda? Coba Perhatikan Warna Feses!


anggisaputra
3rd February 2017, 03:00 PM
Berbicara mengenai feses, mungkin bukanlah hal yang baik jika menjadikan feses sebagai topik pembicaraan sehari-hari, karena selain jorok, berbicara mengenai feses juga tidaklah sopan apalagi jika sedang dimeja makan. Tapi meskipun berbicara mengenai feses ini menjijikan bagi setiap orang, ada satu hal yang ingin diketahui sekali oleh banyak orang seperti seputar buang air besar (BAB). Yang mana hal seperti ini bertujuan untuk memberikan beberapa pengetahuan baru bagi kesehatan sistem pencernaan anda. (Baca juga: Cara Mendeteksi Radang Usus Buntu Pada Remaja (http://www.tokoacep.us/cara-mendeteksi-radang-usus-buntu-pada-remaja.html))

Akan ada banyak hal yang dapat anda pelajari dari masalah kesehatan yang satu ini, seperti warna dan tekstur dari kotoran. Serta seberapa seringnya anda masuk ke kamar mandi untuk buang air, ya meskipun memang masih banyak orang yang tidak mempedulikan rincian proses buang air besar mereka.

Warna Feses Dan Artinya Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ada beberapa warna dari feses serta artinya bagi kesehatan tubuh, diantaranya:


Mengambang
Feses yang menganbang bisa pertanda dari sistem pencernaan anda tidak berjalan dengan baik, dan memiliki terlalu banyak udara dalam usus.
Hijau
Jika feses anda berwarna hijau, maka disebabkan oleh banyak hal, bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan hijau seperti sayuran atau makanan yang mengandung pewarna. Tapi pada kasus lain, feses hijau tua dapat disebabkan oleh sensitivitas terhadap minyak anise dan efek samping dari obat antibiotik.
Pucat terang atau keabuan seperti tanah liat
Kondisi feses seperti ini bisa saja diartikan sebagai masalah yang menandakan adanya suatu masalah pada empedu atau hati.
Kuning, berminyak dan berbau aneh
Feses yang kuning berminyak disertai dengan bau yang menyengat seperti telur busuk, bisa saja menjadi pertanda dari adanya gangguan pada penyerapan (malabsorpsi) nutrisi, atau yang dienal dengan penyakit Celiac.
Hitam legam, lengket seperti lumpur
Banyak sekali faktor yang membuat warna feses anda menjadi hitam dan lengket seperti lumpur. Feses yang hitam, bisa saja menjadi hasil dari konsumsi bir hitam atau suplemen zat besi. Tetapi jika kondisi ini dicocokkan dengan masalah sistem pencernaan, warna feses hitam lengket ini merupakan suatu tanda adanya pendarahan yang terjadi dibagian dalam tubuh seperti maag, tumor atau kanker.
Merah
Nah, jika feses anda berwarna merah. Anda harus berhati-hati, karena hal seperti ini bisa menjadi pertanda buruk bagi anda, mengapa?? Karena warna merah pada feses bisa menandakan adanya pendarahan pada usus dan terjadinya ambeien (wasir). Dan bukan hanya itu, feses yang berwarna merah bisa menjadi pertanda timbulnya kanker.
Belendir
Feses yang berlendir, bisa saja menunjukkan adanya penyakit Crohn. Yang mana penyakit Crohn ini merupakan suatu penyakit yang menghasilkan tumor dalam usus, benjolan dari penyakit ini akan menghasilkan nanah dan lendir. Oleh sebab itu, jika anda mengalami kondisi seperti ini segeralah periksakan diri anda kedokter.

Inilah warna feses dan artinya bagi kesehatan yang dapat anda ketahui, oleh karena itu sangat disarankan bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara mengubah pola hidup dan pola makan yang sehat, agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit. (Baca juga: Makan Popcorn Bisa Menjadi Penyebab Usus Buntu? Apakah Itu Benar? (http://www.tokoacep.us/makan-popcorn-bisa-menjadi-penyebab-usus-buntu-apakah-itu-benar.html))