PDA

View Full Version : Inilah Cara Sehat Menjalani Diet BRAT Untuk Mengatasi Diare


anggisaputra
6th February 2017, 11:52 AM
Diet BRAT, mungkin anda sudah pernah mendengar atau bahkan melakukan diet yang satu ini?? Diet BRAT merupakan suatu jenis diet yang pada umumnya seringkali dilakukan seseorang yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh dengan menjauhi berbagai jenis makanan yang mampu menyebabkan penyakit, bahkan diet BRAT ini juga mampu membantu anda untuk mengatasi diare.

Diet BRAT. Brat merupakan singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel, yaitu apel yang dihaluskan namun bukan dijus) dan toast (roti panggang). Pola makan yang dilakukan jika ingin melakukan diet BRAT, biasanya dirinya sering membatasi konsumsi dengan jenis makanan yang memiliki serat padat namun mudah untuk dihaluskan, sehingga baik bagi organ pencernaan meskipun sedang mengalami peradangan. (Baca juga: Waspada!! Ternyata Diet Menurunkan Berat Badan Dapat Menyebabkan Batu Empedu (http://www.tokoacep.us/waspada-ternyata-diet-menurunkan-berat-badan-dapat-menyebabkan-batu-empedu.html))

Cara Mudah Untuk Menerapkan Pola Makan Dalam Diet BRAT Yang Dapat Mengatasi Diare
Dibawah ini ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menjalankan pola makan ketika sedang menjalankan diet BRAT, dan cara ini juga akan dapat mengatasi diare yang selama ini anda alami, cara tersebut adalah:


Memilih makanan alternatif
Cobalah untuk mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki sumber kalori dan konsumsilah buah beserta sayur yang telah diolah dalam bentuk sup dan jus. Hindari mengkonsumsi sayur mentah, makanan yang dikeringkan, makanan pedas, asam dan tinggi gula atau jenis makanan yang digoreng.

Makanan tambahan sumber protein
Tahu dan telur dapat anda jadikan sebagai sumber protein yang baik selama anda mengalami gangguan pencernaan. Tapi ingat cobalah untuk menghindari penggunaan minyak saat memasak, dan juga hindari sumber protein dari jenis kacang-kacangan karena memiliki serat yang sulit dicerna.

Mengkonsumsi minuman anti diare
Cobalah anda konsumsi minuman seperti teh hitam dan yogurt, karena kedua jenis minuman tersebut dapat mengatasi diare.

Cegah dehidrasi
Kondisi dehidrasi ini paling umum terjadi pada sebagian banyak orang, yang mana akibat dari dehidrasi ini mampu mengakibatkan diare. Oleh sebab itu, cobalah untuk sebisa mungkin mencegah dehidrasi dengan cara mengkonsumsi air minum yang mengandung elektrolit yang berasal dari isotonik dan air kelapa.

Inilah berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menjalankan diet BRAT yang bertujuan untuk mengatasi diare, untuk itu sangat disarankan bagi anda agar selalu memperhatikan pola makan dan tata cara melakukan diet BRAT, agar tujuan anda dalam mengatasi diare dapat tercapai. (Baca juga: Inilah Fakta Mengejutkan Tentang Sistem Pencernaan Yang Harus Anda Ketahui (http://www.tokoacep.us/inilah-fakta-mengejutkan-tentang-sistem-pencernaan-yang-harus-anda-ketahui.html))