PDA

View Full Version : Cara Mudah Mengatasi Wasir Setelah Melahirkan


anggisaputra
8th February 2017, 12:19 PM
Bagi setiap ibu yang telah melahirkan, pasti akan merasa bangga, senang, gembira bahkan merasa lega karena bayi yang selama 9 bulan dia kandung telah lahir dengan sehat. Tapi sayang, dibalik kebahagiaan yang sedang anda alami ada lagi masalah baru yang mengganggu kesehatan tubuh anda seperti wasir. Wasir, seringkali menyerang seseorang yang sudah melahirkan, dimana kondisi wasir ini dapat membuat anda selalu merasa kesakitan pada sedang beristirahat (duduk ataupun tidur). Untuk itu anda seringkali merasa bingung mengenai cara mengatasinya.

Wasir merupakan suatu pembuluh darah vena yang terdapat pada area dubur yang membengkak, pembengkakan ini bisa seperti “daging” yang muncul didaerah dubur, pembengkakan ini juga bisa terbentuk dalam berbagai ukuran mulai dari sebesar biji buah sampai seukuran buah anggur. Hal seperti ini bisa menyebabkan pendarahan yang terjadi ketika anda sedang buang air besar yang membuat anda merasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal disertai dengan rasa nyeri. (Baca juga: Pengobatan Wasir Dengan Menggunakan Bahan Alami (http://www.tokoacep.us/pengobatan-wasir-dengan-menggunakan-bahan-alami.html))

Memang, wasir seringkali muncul ketika anda sedang hamil atau setelah melahirkan meskipun sebelumnya anda tidak mengalami wasir. Jika anda pernah menderita wasir sebelum hamil, maka anda lebih mungkin mendapatkannya lagi setelah melahirkan. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena biasanya wasir bisa hilang dengan sendirinya setelah anda melahirkan.

Cara Mengatasi Wasir Setelah Melahirkan
Wasir setelah melahirkan biasanya terjadi pada wanita yang melahirkan dengan cara normal, yang mana gejala dari wasir ini berupa rasa nyeri, gatal pada dubur, pendarahan yang terjadi saat buang air besar, atau pembengkakan yang terjadi disekitar anus. Nah, sekarang anda jangan khawatir lagi karena saya punya solusinya. Anda bisa mengatasi wasir dengan cara:


Anda dapat merendam diri anda, terutama pada area dubur, dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2-4 kali dalam sehari, cara ini dapat membantu ukuran wasir anda semakin menyusut.
Anda juga bisa mengompres daerah yang bengkak dengan kompres es beberapa kali dalam sehari, yang mana cara ini dapat membantu anda mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang terjadi.
Cobalah untuk menghindari duduk dan berdiri dalam waktu yang lama serta berbaringlah selama yang anda bisa.
Saat anda duduk, sebaiknya beri alas bantal untuk mengurangi tekanan ada rektum.
Setiap selesai buang air besar, usahakan untuk membersihkan area dubur anda dengan lembut menggunakan air hangat.
Cobalah anda konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang sedang anda alami, dan mintalah obat yang mampu mengatasi wasir seperti salep.
Memperbanyak konsumsi serat tinggi seperti sayur, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta tidak lupa dengan didampingi oleh konsumsi air sebanyak 7-8 gelas sehari.
Melakukan olahraga secara teratur.
Janganlah anda menunda/menahan BAB saat anda terkena wasir, cobalah untuk dengan segera membuang kotoran ketika anda ingin BAB.

Itulah cara mudah mengatasi wasir setelah melahirkan, dan sangat disarankan sekali bagi anda yang baru melahirkan untuk mencoba/melakukan beberapa cara diatas agar dapat tercegah dari ancaman terkena wasir. (Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Gejala Dan Penyebab Gangguan Pencernaan (http://www.tokoacep.us/mengenal-lebih-jauh-mengenai-gejala-dan-penyebab-gangguan-pencernaan.html))