PDA

View Full Version : Penyebab Dan Gejala Infeksi Kandung Kemih Yang Harus Diketahui!


anggisaputra
16th February 2017, 09:34 AM
Infeksi kandung kemih, merupakan suatu peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Yang mana peradangan pada kandung kemih ini pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi. Infeksi kandung kemih bisa menjadi semakin parah jika bakteri menyebar hingga ke ginjal, oleh karena itu jika anda mengalami kondisi kesehatan yang satu ini cobalah untuk menghubungi dokter. (Baca juga: Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami (http://www.tokoacep.us/pengobatan-infeksi-saluran-kemih-secara-alami.html))

Gejala Infeksi Kandung Kemih
Gejala infeksi kandung kemih antara orang dewasa dan anak-anak akan sedikit berbeda, dan infeksi kandung kemih pada orang dewasa adalah:


Adanya sensasi rasa nyeri, terbakar dan menyengat saat buang air kecil
Tubuh terasa lemah bahkan demam
Meningkatnya frekuensi buang air kecil tapi hanya sedikit urine yang keluar
Terdapat darah didalam urine
Urine akan berwarna lebih pekat, gelap dan beraroma kuat
Munculnya rasa nyeri diperut bagian bawah atau dipunggung bagian bawah
infeksi kandung kemih


Sedangkan pada anak-anak gejala yang menandakan mereka mengalami infeksi kandung kemih adalah sering mengompol secara tidak sengaja disiang hari. Beberapa gejala infeksi kandung kemih lain yang mungkin terjadi adalah:


Merasa lemas atau lelah
Menjadi mudah marah
Nafsu makan jadi berkurang
Sering mengalami muntah
Merasa sakit saat sedang buang air kecil

Apabila anda atau anak anda mengalami buang air kecil yang disertai dengan darah, cobalah untuk segera menemui dokter. Karena jika tidak takutnya malah akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

Penyebab Infeksi Kandung Kemih
Penyebab dari infeksi kandung kemih sebenarnya disebabkan oleh bakteri dari luar yang masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak. Bakteri itu juga bisa masuk dan berkembang biak dikandung kemih jika seseorang masih menyisakan urine dalam kandung kemih setiap buang air kecil. Dan bakteri yang sering menyebabkan terjadinya infeksi adalah:


Proteus species
Klebsiella species
Enterococcus faecalis
Enterobacteriaceae
Bakteri ragi

Pada wanita berusia muda, bakteri staphylococcus saprophyticus juga bisa menjadi penyebab infeksi kandung kemih. Dan infeksi kandung kemih pada wanita seringkali disebabkan oleh:


Masuknya pembalut jenis tampon
Melakukan hubungan seks
Menggunakan kontrasepsi diafragma
Menyeka dengan tisu seusai buang air kecil di toilet dengan posisi belakang ke depan, padahal seharusnya menyeka dengan arah berlawanan
yaitu dari depan ke belakang.
Wanita yang memasuki masa manopause.

Itulah gejala dan penyebab dari infeksi kandung kemih yang harus anda ketahui, karena dengan anda mengetahui penyebabnya maka anda akan lebih mudah untuk melakukan pencegahan sejak dini, dan begitu juga dengan gejalanya dengan anda mengetahui gejala infeksi kandung kemih anda jadi lebih mudah untuk melakukan pencegahan sejak dini. (Baca juga: Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK) (http://www.tokoacep.us/cara-mengatasi-infeksi-saluran-kemih-isk.html))