PDA

View Full Version : Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung pada saat puasa


Yayu puji lestari
20th February 2017, 08:32 AM
Sebentar lagi bulan puasa nih :)-: , anda yang mempunyai masalah dengan maag atau asam lambung pasti sulit sekali untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal karena penyakit lambung yang anda derita. Agar anda bisa menjalankan ibadah puasa secara maksimal maka anda wajib untuk tidak mengonsumsi beberapa menu makanan berikut ini :o: :

1. Makanan Berlemak dan Berminyak

Menu buka puasa dan sahur yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag dan asam lambung adalah makanan yang kaya akan lemak dan minyak. Sama seperti susu full cream, makanan yang kaya lemak dan minyak juga sangat sulit dicerna. Hal ini tentu saja dapat membuat lambung bekerja keras dalam mencerna makanan. Beberapa makanan berlemak dan berminyak yang perlu dihindari adalah gorengan, jeroan, kue tart dan juga cokelat.

2. Buah-buahan Tertentu

Meskipun buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat puasa, namun penderita maag tidak boleh asal mengonsumsi buah tersebut. Buah yang sebaiknya dihindari antara lain buah nanas, durian, belimbing, belimbing wuluh dan mangga muda, karena buah tersebut mengandung asam tinggi yang dapat memicu naiknya asam lambung.

3. Makanan bergas

Bagi anda penderita maag dan asam lambung sebaikanya menghindari makanan yang bergas, seperti diantaranya nya adalah sawi dan kol. Makanan bergas akan membuat asam didalam lambung menjadi naik sehingga perut akan terasa sakit dan perih, penderita maag yang tetap nekat mengonsumsi makanan ini dapat membuat maagnya kambuh dan asam lambung naik, oleh karena itu sebaiknya anda menghindari menu makan sahur danbuka puasa yang mengandung gas.

4. Makanan Pedas

Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang yang menderita penyakit maag harus menghindari makanan yang bercitarasa pedas. Tak hanya dapat mengiritasi lambung saja, makanan pedas juga dapat membuat perut menjadi tidak nyaman. Beberapa makanan pedas yang sebaiknya dihindari antara lain saos tomat, saus panas, cabai, sambal, saos cabai serta semua makanan yang mengandung merica yang berlebih.

5. Hindari Menu Makanan Berat Ketika Berbuka

Ketika buka puasa, mengonsumsi makanan berat juga tidak dianjurkan, hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena salah satu alasannya yaitu untuk mencegah lambung bekerja mendadak. Lambung yang mendadak bekerja keras tentu saja dapat meningkatkan asam lambung, jika tidak segera diatasi hal ini dapat membuat dinding lambung terluka.

Nah itulah beberapa menu makanan yang sangat tidak di anjurkan untuk anda yang menderita masalah pada lambung seperti maag dan asam lambung, hindari makanan diatas agar anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal dan terhindar dari kambuhnya penyakit lambung yang di derita:(nod):