PDA

View Full Version : Pengertian Teater dan Seni Tari


adinu
31st March 2017, 03:06 PM
Pengertian Teater (http://www.ngelmu.id/2017/03/pengertian-teater-unsur-dan-fungsi.html)merupakan arti lain buat drama, tapi dalam makna yang lebih luas, teater merupakan proses penentuan teks atau naskah, penafiran, budidaya, presentasi atau pementasan serta proses pemahaman atau penikmatan penduduk atau pemirsa (buat pembaca, pendengar, penonton, analis, kritikus atau peneliti). Proses penjadian disebut dengan prosa drama teater buat teater atau bioskop disingkat. Teater sanggup ditafsirkan dalam dua langkah : dalam makna sempit serta dalam makna luas. Teater dalam makna sempit merupakan drama (cerita kehidupan manusia serta kehiudpan menuturkan diatas panggung, disaksikan banyaknya orang serta didasarkan pada naskah yang ditulis). Dalam makna luas, teater merupakan seluruh tontonan terlihat di depan kerumunan orang wayang contohnya, Ketoprak, ludruk dan seterusnya. Dalam sejarahnya, kata “Teater” datang dari bhs Inggris theater atau theatre, bhs Perancis théâtre serta dari bhs Yunani theatron (??at???). Secara etimologis, kata “teater” sanggup di artikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Dan secara arti kata teater di artikan sebagai semua hal yang dipertunjukan diatas pentas buat mengkonsumsi penyinta.

Serta yang disebut dengan Pengertian seni tari (http://www.ngelmu.id/2017/03/pengertian-tari-fungsi-dan-macam-tari.html#), biasanya yang bakal terlintas di pikiran kita yakni beberapa gerakan anggota tubuh yang ikuti alunan musik. Lantas, bagaimana dengan pendapat banyak pakar? Apakah mereka punya pendapat yang sama?. Nah, pengertian dari seni tari yang dikemukakan oleh banyak pakar, salah satunya yakni :

Soedarsono, menjelaskan kalau tarian merupakan ekspresi jiwa manusia lewat gerak ritmis yang indah.
Yulianti Parani, menjelaskan tari merupakan gerak-gerak ritmis sebagian atau seluruh nya dari tubuh yang terdiri dalam pola pribadi atau golongan yang dibarengi ekspresi khusus.

Curts Sachs : Tari merupakan gerak yang ritmis. Apabila ditarik suatu ikhtisar dari ketiga pendapat itu Seni Tari sebagai gerak-gerak ritmis dari anggota tubuh sebagai ekspresi serta pengungkapan perasaan dari si penari yang diikuti alunan music yang fungsinya menguatkan maksud yang mau diungkapkan. Jadi, seni tari tidak cuma asal menggerakkan anggota tubuh, bakal tapi punya maksud serta arti khusus yang mau diungkapkan si penari buat yang memandang. Arti itu sanggup berwujud filosofis, keagamaan, pendidikan, kepahlawanan dan lain-lain. Umpamanya yakni Tari Saman yang datang dari Aceh. Tari saman ini mencerminkan keagamaan, pendidikan, sopan santun dan kepahlawanan jangka waktu yang berbarengan.