PDA

View Full Version : Contoh Kata Dasar, Kalimat Majemuk, dan SPOK


adinu
7th July 2017, 01:54 PM
Kata dasar (http://www.lahiya.com/contoh-kata-dasar/) yakni unsur bhs yg di sampaikan atau dituliskan yg sebagai perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yg dapat difungsikan dalam berbahasa.
Kata mendasar yaitu kombinasi morfem yg oleh bahasawan di anggap menjadi grup paling kecil yg dapat diujarkan menjadi bentuk yg bebas.
Kata mendasar yaitu grup bhs yg dapat berdiri dengan sendiri, terdiri dalam morfem tunggal atau morfem kombinasi.

Kalimat majemuk (http://www.lahiya.com/contoh-kalimat-tunggal-dan-majemuk/) yakni kalimat yg punya 2 klausa atau lebih yg digabungkan dalam satu kalimat dengan memanfaatkan Konjungsi atau kata penghubung. Kalimat majemuk digolongkan jadi 3 bentuk kalimat yaitu kalimat majemuk setara, bertingkat, dan gabungan.

Kalimat yakni grup paling kecil dari bhs berbentuk lisan mau pun tulisan dan terdiri dalam rangkaian kata yg punya/punya kandungan makna atau suatu pesan khusus. Kalimat yg baik serta benar punya kandungan unsur-unsur kalimat yg terdiri dalam Subyek (S), Predikat (P), Objek (O), Info (K) (http://www.lahiya.com/contoh-kalimat-spok/), serta Pelengkap (P) Supaya sanggup buat kalimat yg baik serta benar, kita mesti mengetahui pengertian dan manfaat dari unsur-unsur kalimat tersebut. Berikut ini ini yakni unsur-unsur kalimat yg membuat satu buah kalimat.