View Full Version : Batuk tak kunjung sembuh dalam waktu 2 minggu? Waspada!


prinawidia
23rd October 2017, 02:09 PM
Batuk adalah respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respon ini berfungsi untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi agar keluar dari paru-paru. Biasanya, batuk akan sembuh dalam waktu kurang dari 3 minggu. Tapi, kamu perlu berhati-hati jika mengalami batuk yang tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu. Menurut beberapa ahli kesehatan, batuk tersebut termasuk sebagai batuk kronis dan bukan batuk biasa.

Batuk rejan atau pertusis

Ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan disertai dengan demam, hidung meler, batuk terus menerus yang membuat seseorang sulit bernapas. Gejala awalnya mirip dengan flu, yakni pilek, batuk ringan, dan demam.

Kanker paru-paru

Yaitu kondisi di mana sel-sel tumbuh secara tidak terkendali di dalam paru-paru. Kondisi ini kebanyakan diderita oleh para perokok aktif dan pasif. Pada tahap awal, nggak ada tanda atau gejala yang jelas, tapi gejala seperti batuk secara berkelanjutan, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan dan penurunan berat badan akan muncul.

Pneumonia (paru-paru basah)

Merupakan infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pneumococcus. Pada pengidap pneumonia, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi cairan.

Baca juga : Obat paru-paru basah paling bagus di Apotik (http://bit.do/dRmZj)

Penyakit menular TBC

TBC adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita TBC aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang nggak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. TBC paling sering menyerang paru-paru dengan gejala klasik berupa batuk, berat badan turun, nggak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah. Jenis batuk juga bisa berdahak yang berlangsung selama lebih dari 21 hari.