PDA

View Full Version : Komputansi Awan dan Managed Service Provider Bantu Pemerintah Wujudkan Smart City


rai_ihan
11th December 2017, 09:23 AM
Untuk membantu pertumbuhan smart city, diyakini sedikit banyak dipengaruhi oleh teknologi komputasi awan. Kota Yanbu, Arab Saudi adalah salah satu contohnya. Setelah menggunakan layanan komputasi awan dalam bentuk smart city, April 2017 lalu, investasi kota itu meningkat 18 persen. Selain itu, ada Kota Weifang, Provinsi Shandong, China. Investasi di kota tersebut naik berkali-kali lipat setelah seluruh aspek pelayanan di kota diintegerasikan ke dalam komputasi awan.

Adapun contoh pemanfaatan program smart city di Indonesia, dapat dilihat melalui aplikasi e-Kelurahan yang diterapkan di Bandung. Aplikasi ini sebagai solusi mempermudah administrasi pelayanan kepada masyarakat dan solusi data center berbasis komputasi awan pada pemerintah daerah.

Kini ada layanan Managed Service Provider Indonesia yang dapat membantu pemerintah menyediakan layanan publik yang dapat diandalkan, aman, dan efisien seperti infrastruktur teknologi e-government, network solutions, kolaborasi cross-functional, dan infratruktur smart city lainnya. Dalam layanannya, bukan hanya layanan berbentuk komputasi awan saja. Ada banyak layanan yang berhubungan dengan internet connection, IT infrastructure, integrated system dan professional service.