View Full Version : Membuat Sikat Gigi Menjadi Kegiatan Menyenangkan Buat Anak


rikasalsabilah
21st March 2018, 02:47 PM
Mengajari anak buat rajin sikat gigi bisa dimulai sejak dini. Emang banyak sih ya kendalanya, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan buat mengajaknya rajin gosok gigi.

Menggosok gigi malam hari sebaiknya dilakukan sebelum anak mengantuk. Ajak mereka untuk menggosok gigi bersama orang tua sebelum tidur. Setelah itu bisa mengganti atau memakaikannya popok, Merries misalnya.

Di pagi hari, orang tua bisa mengajak anak menggosok gigi sesaat setelah bangun tidur. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan bersama dengan ayah sebagai contohnya.

Biarkan anak memilih sikat gigi dan pasta gigi sendiri. Biasanya, mereka akan memilih pasta gigi dan sikat gigi dengan gambar karakter kartun yang dia sukai.

Berikan anak aplikasi atau game permainan simulasi sikat gigi. Biasanya, games jenis ini akan menggambarkan bagaimana kondisi anak yang malas gosok gigi.

Beri pengertian tentang manfaat menggosok gigi, dan ajak anak mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.

Kegiatan gosok gigi bisa dijadikan sebuah kebiasaan yang menyenangkan, sehingga tidak membuat anak menjadi ketakutan kalau disuruh menyikat gigi. Kegiatan menyenangkan ini bisa dilakukan sejak anak berumur 4 bulan menggunakan kasa steril basah dengan digosokan ke bagian gusi.:o:

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di sini Merries (https://www.merries.co.id/dads/si-kecil-malas-sikat-gigi-ini-yang-sebaiknya-dads-lakukan)