View Full Version : Pria yang Jarang Sarapan Berisiko Kena Diabetes Tipe 2


andi.teguh
23rd September 2012, 07:35 PM
http://images.detik.com/content/2012/04/10/766/sarapan-ts-dlm.jpg

Jakarta, Sarapan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ilmuwan telah memperingatkan laki-laki yang sering melewatkan waktu sarapan memiliki kemungkinan kena diabetes 20 persen lebih tinggi.

Studi yang melibatkan 3.000 orang memberikan bukti bahwa sarapan teratur bisa mengurangi risiko diabetes. Hal ini berkesinambungan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Medicine ini melibatkan laki-laki yang tidak memiliki diabetes di awal penelitian. Namun ternyata laki-laki yang tidak kelebihan berat badan serta memiliki pola makan yang sehat juga berisiko kena diabetes jika melewatkan sarapan.

Partisipan yang hampir tidak pernah sarapan memiliki peningkatan risiko sebesar 21 persen dibanding laki-laki yang sarapan. Sedangkan laki-laki yang makan dengan benar 1-2 kali dalam sehari risikonya 25 persen lebih mungkin terkena diabetes dibanding yang makan benar 3 kali sehari.

Tim Harvard menuturkan memiliki makan 3 kali sehari termasuk sarapan menjadi pola makan yang optimal untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Serta sarapan juga terbukti mengurangi tingkat low-density lipoprotein yaitu kolesterol jahat yang bertanggung jawab terhadap penyumbatan arteri sekitar jantung.

"Jenis makanan untuk sarapan juga penting, kami merekomendasikan diet seimbang yang sehat, kaya buah, sayuran, rendah lemak, gula dan garam," ujar Dr Iain Frame, direktur penelitian di Diabetes UK, seperti dikutip dari MedIndia, Selasa (10/4/2012).

Selain bisa membantu mengurangi risiko diabetes, sarapan yang teratur juga bisa mempertahankan berat badan sehat, mengurangi rasa lapar sehingga mencegah cemilan tidak sehat, serta memberikan lebih banyak energi untuk beraktivitas.

Manfaat lain yang didapat jika mengonsumsi sarapan sehat adalah mampu mengurangi stres dan meningkatkan kinerja mental serta fisik sepanjang hari. Untuk itu sebaiknya jangan lewatkan sarapan setiap harinya.

sumber (http://health.detik.com/read/2012/04/10/071038/1888396/766/pria-yang-jarang-sarapan-berisiko-kena-diabetes-tipe-2)