forumku

forumku (http://www.forumku.com/)
-   Forumku Website dan Webmaster (http://www.forumku.com/forum134/)
-   -   Filosofi Blogger Modern (http://www.forumku.com/forumku-website-dan-webmaster/47366-filosofi-blogger-modern.html)

Hendy 16th September 2015 01:50 AM

Filosofi Blogger Modern
 
Blog Info pada artikel ini ingin berbagi opini tentang "Filosofi Blogger Modern saat mengelola blog" agar dapat meraih predikat "sukses" dalam aktivitas blogging yang ditekuninya. Parameter sukses ini bukan hanya sekedar mampu untuk meraih rupiah dalam jumlah yang banyak, namun lebih penting adalah bagaimana membuat situs atau blog yang dimilikinya memiliki reputasi yang baik di mata search engine maupun di mata mayoritas pengunjung blog.

http://2.bp.blogspot.com/-sGKm8vAnPI...ger-Modern.jpg

Reputasi yang baik dimata search engine merupakan pilihan pertama yang harus selalu diupayakan, karena situs atau blog yang kita miliki tetap membutuhkan search engine sebagai basis utama untuk bisa launching di dunia internet. Search engine ini akan menampung semua yang ada di dalam situs atau blog dan kemudian dia akan menentukan di posisi mana sebaiknya situs atau blog yang bersangkutan tersebut diletakkan. Dalam hal ini optimasi search engine merupakan sebuah hal mutlak dan utama yang harus selalu diprioritaskan aktivitasnya.

Berikut ini akan penulis uraikan beberapa filosofi blogger modern yang dapat menjadi pendorong utama kesuksesan di dunia blogging.

1. Selalu siap menghadapi serta mengantisipasi perubahan.
Masuk dalam dunia bisnis berarti sudah siap dalam menghadapi segala perubahan yang akan terus terjadi. Memiliki rekan atau karyawan yang siap dan nyaman menghadapi perubahan adalah hal yang harus dicari. Bisnis yang besar adalah yang merupakan sebuah bisnis yang mampu tumbuh di segala kondisi, karena mereka sudah mampu memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya. Memilih profesi sebagai blogger juga harus memiliki kesiapan mental maupun strategi untuk menghadapi segala bentuk perubahan, terutama perubahan algoritma search engine yang kadang kala menyebabkan dampak-dampak negatif terhadap eksistensi sebuah blog. Sebagai contoh gampangnya adalah : Blogger saat ini telah melakukan perubahan domain, dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id (khusus untuk wilayah Indonesia). Sebagai seorang blogger yang tangguh sudah sewajarnya bila kita telah siap untuk mengantisipasi perubahan tersebut. Kita dapat memilih mengikuti perubahan tersebut, atau menolak perubahan tersebut dengan mempertimbangkan faktor-faktor keuntungan dan kerugiannya secara cermat dan seksama. Sebagai buktinya, dalam hal ini saya menolak perubahan tersebut dan tetap mempertahankan domain blogspot.com, semata-mata untuk mengejar peringkat Alexa secara global.

2. Pengunjung yang loyal.
Seorang blogger yang tangguh selalu berusaha untuk mendatangkan pengunjung yang loyal ke situs atau blog yang sedang dikelola atau dikembangkannya. Jika seorang pengunjung blog tidak merasa menjadi bagian dari situs atau blog yang dikunjunginya, maka mereka akan berpeluang pindah ke kompetitor blog yang lainnya. Mempertahankan pengunjung yang loyal hanya dapat ditempuh dengan selalu menghadirkan postingan-postingan baru yang original dan berkualitas dengan pembahasan yang penuh serta mendalam terhadap sesuatu topik bahasan. Buatlah topik pembahasan yang pada akhirnya mampu memberikan solusi terhadap sebuah permasalahan. Pahamilah bahwa kedatangan seorang pengunjung blog itu pada dasarnya adalah mencari sebuah informasi yang barangkali dapat memecahkan masalah yang sedang dihadapinya. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan pengunjung sebuah situs atau media-media sosial, dalam hal ini faktor interaksi sosial lebih mendominasi motif kedatangan seorang pengunjung tersebut.

3. Mendengarkan adalah cara yang bijak untuk mengerti.
Bagaimana cara membesarkan bisnis ke level yang lebih tinggi? Yakni dengan membuat mekanisme feedback dan selalu merespon feedback tersebut. Ketika partner atau karyawan merasa "didengar", maka mereka akan bekerja semakin produktif. Dalam pengelolaan sebuah situs atau blog, sikap mendengar ini lebih banyak berkaitan dengan faktor komentar-komentar pengunjung yang masuk. Perhatikan komentar-komentar tersebut secara lebih bijaksana. Berikan respon positif untuk komentar-komentar yang memang mendukung reputasi situs atau blog, sedangkan untuk komentar-komentar yang dipandang dapat menurunkan reputasi, sebaiknya tidak perlu ditampilkan. Untuk ini, maka aplikasi modus moderasi komentar blog menjadi faktor yang utama.

4. Pengunjung itu penting, tapi mereka tidak selalu benar.
Di dunia marketing, menurut Zendesk, sebanyak 82% pelanggan berhenti berlangganan suatu produk karena tidak puas. Akan tetapi hal ini bukan berarti semua yang diinginkan pelanggan harus kita penuhi. Pelanggan dapat memberitahukan apa saja yang kurang dengan pelayanan kita dan apa yang membuat mereka senang. Cukup dengarkan mereka. Rancangan bisnis tetap berada di tangan kita. Demikian juga dalam aktivitas pengelolaan sebuah situs atau blog, review seorang atau beberapa pengunjung blog tetap boleh kita tampung, namun keberhasilan dan masalah reputasi sebuah situs atau blog sepenuhnya berada di tangan kita sebagai pemilik sekaligus pengelola situs atau blog yang bersangkutan. Sejak awal membentuk sebuah situs, kita tentu telah memiliki visi dan tujuan akhir yang harus kita capai, sedangkan pengunjung hanyalah merupakan faktor pendukung, yang terpenting adalah masalah konten yang original dan berkualitas sebagai produk utama dalam aktivitas di dunia blogging.

5. Jawaban “TIDAK” dapat diterima dengan penjelasan yang logis.
Banyak dari Startup awam tidak bisa berkata tidak dan selalu mengatakan iya kepada pelanggan baru. Dengan melakukan hal tersebut, dapat membuat bisnis melenceng jauh dari ide awal Anda. Faktanya, kebanyakan pelanggan akan mengerti jika Anda mengatakan "tidak" asalkan dengan penjelasan yang dapat diterima. Demikian juga halnya dalam aktvitas blogging, kita harus berani berkata "tidak" terhadap praktek-praktek yang tergolong negatif dan pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas dari situs atau blog itu sendiri. Artinya apa ? Kita sebagai pemilik blog dalam hal ini tidak harus menerima dan atau menerbitkan komentar-komentar pengunjung yang bersifat spam (meski kita membutuhkan kehadiran pengunjung blog) tanpa melakukan proses moderasi. Kita harus berani mengambil resiko non-populis untuk tidak menerbitkan komentar-komentar yang berbau spam tersebut demi menjaga reputasi dan kredibilitas situs atau blog yang bersangkutan. Tingkat reputasi dan kredibilitas sebuah situs atau blog sepenuhnya berada di tangan kita sebagai pengelola dan bukan menjadi tanggung jawab pengunjung blog.

6. Transisi atau perubahan strategi.
Semua hal yang berkaitan dalam aktivitas blogging bisa berubah setiap saat, dan hal ini akan berlaku juga pada perubahan strategi blogging (SEO). Evaluasi terlebih dahulu pada semua tehnik SEO yang telah dilakukan, kebutuhan pengunjung maupun search engine, segmentasi visitor dan lain-lain. Jika semua strategi yang sudah Anda lakukan dipandang tidak lagi efektif, maka perbaiki atau ganti dengan strategi lain secepat mungkin. Dalam kaitan inipun, sebagai seorang blogger yang memiliki visi masa depan tentunya tidak akan merasa takut untuk melakukan perubahan revolusioner terhadap model atau jenis template yang dipergunakannya. Dampak negatif pergantian sebuah template itu hanya bersifat sementara, sedangkan keuntungannya akan dapat kita nikmati untuk jangka panjang. Contoh nyatanya adalah, sejak periode 21 April 2015 lalu Google telah menerapkan algoritma barunya yang terkenal dengan nama MobileGeddon. Algoritma ini menghendaki pemakaian template model Responsive Template dengan berbagai keuntungannya. Nah, dalam hal ini sebagai blogger modern kitapun harus dengan secara sukarela mengganti template yang kita pergunakan semata-mata untuk tujuan penyesuaian dengan algoritma search engine yang berlaku.

7. Aktivitas Blogging merupakan suatu aktivitas maraton, pastikan anda dapat bertahan.
Pemimpin terbaik adalah pemimpin yang mampu berfokus pada keberlanjutan dan keberlangsungan hidup bisnis yang dipimpinnya, serta menolak mengorbankan kesehatan bisnis untuk jangka panjangnya. Demikian halnya seorang blogger modern, dia akan mampu memimpin dirinya sendiri untuk selalu berusaha meningkatkan reputasi maupun kualitas situs atau blog yang dikelolanya. Sikap konsistensi, tahan bantingan dan persistensi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Sebagai seorang blogger modern kita harus mampu menjamin situs atau blog dapat bertahan di search engine result page untuk jangka waktu yang lama, syukur-syukur bisa bersifat permanen. Aktivitas maraton dalam dunia blogging ini tercermin dari rangkaian aktivitas atau proses optimasi blog, mulai dari menulis postingan, men-submit postingan tersebut ke berbagai search engine sampai kepada tahapan-tahapan promosi untuk mendatangkan backlink. Belum lagi menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan crawl-error (kesalahan perayapan) oleh search engine, yang membutuhkan penyelesaian secara cepat dan tepat. Semuanya itu harus dan wajib dilakukan oleh seorang blogger secara mandiri.

8. Reputasi Blog adalah integritas seorang blogger.
Faktor reputasi adalah satu-satunya yang dapat dilakukan pada upaya perbaikan karir. Semakin Anda menjaga integritas diri maka semakin mampu Anda menumbuhkan reputasi bisnis. Falsafah ini berlaku pula di dunia blogging, semakin kita (blogger) mampu menjaga serta meningkatkan integritas pribadinya di dunia blogging, maka secara otomatis reputasi situs atau blog yang dikelolanya akan beranjak naik secara signifikan. Dalam hal ini tingkat reputasi sebuah situs atau blog pada dasarnya mencerminkan integritas blogger yang menjadi pemilik atau pengelolanya, karena sebuah situs atau blog adalah merupakan "barang mati", ia menjadi "hidup" setelah digerakkan, dikelola dan diberi "nyawa" oleh pemiliknya.

Demikianlah opini penulis tentang "Filosofi Blogger Modern saat mengelola Blog", semoga dapat memberikan pencerahan tersendiri.


Sumber tulisan :
http://infoblog971.blogspot.com/2015...lola-blog.html

krisna94 21st September 2015 01:44 AM

Re: Filosofi Blogger Modern
 
Mantap mas bro. sebagai seorang blogger memang wajib memiliki folosofi .... :(emo):

jatislhdn 25th September 2015 04:34 PM

Re: Filosofi Blogger Modern
 
kalau aku sih Filosofi nya mendatang kan uang he he he

ferryrinaldi 2nd December 2015 06:42 AM

Re: Filosofi Blogger Modern
 
Waduh bagus amat ni tipnya bisa dicoba ni gan biar jadi blogger modern.. hehe

nawikoes 18th February 2016 02:58 PM

Re: Filosofi Blogger Modern
 
Quote:

Originally Posted by jatislhdn (Post 167917)
kalau aku sih Filosofi nya mendatang kan uang he he he

Itu konsekwensi logis kalau blog atau tulisan-tulisan kita udah terkenal mas bro ..........

ankasarentcar 22nd June 2016 01:51 AM

Re: Filosofi Blogger Modern
 
Orang SEO sepertinya


All times are GMT +7. The time now is 05:26 AM.

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2018, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2018 DragonByte Technologies Ltd.