View Single Post
Old 1st November 2014, 09:16 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Modal Rp500 Ribu, Bisa Investasi di Reksa Dana & Emas

Quote:
SALAM Indonesia. Perkenalkan nama saya Fenty, dengan status sebagai mahasiswi. Dalam enam bulan ke depan saya di minta oleh BI cabang Maluku untuk survei konsumen dengan bayaran Rp500 ribu setiap bulannya. Dengan uang tersebut saya berniat melakukan investasi sekaligus menjadi pembelajaran bagi saya dalam bidang ekonomi. Yang mau saya tanyakan, investasi apakah yang paling cocok untuk usia seperti saya pak?

Terima kasih telah membaca


Fenty



Jawab :

Salam kenal juga mbak Fenty.

Untuk menentukan tips yang terbaik dalam berinvestasi, sebenarnya rumus yang paling mumpuni alias cocok adalah tentukan dahulu tujuan Anda berinvestasi itu untuk apa. Apakah untuk sekolah lagi, untuk biaya pernikahan, untuk membeli rumah, atau sebagai tabungan pensiun, dan masih banyak hal lagi yang pada prinsipnya tergantung dari kebutuhan masing – masing orang. Selain itu, tentukan juga target Anda itu ingin dapat diraih dalam waktu berapa lama? Karena perbedaan lamanya waktu yang dimiliki dalam berinvestasi akan berimbas pada perbedaan instrumen investasi yang akan dimasuki juga.

Hakikat berinvestasi sendiri mengoptimalakan pertumbuhan nilai uang kita miliki, sehingga selain jumlah uangnya bertambah, pertumbuhan nilainya masih bisa melawan inflasi uang yang terjadi. Dengan asumsi Anda masih di usia awal 20-an, akan berinvestasi untuk jangka menengah sampai jangka panjang atau dengan perkiraan untuk jangka waktu di atas tiga tahun, maka ada beberapa alternatif instrumen investasi yang bisa Anda pilih.

Yang pertama adalah berinvestasi di logam mulia atau emas batangan. Dengan karakteristik mudah dibeli dan dijual, memiliki pertumbuhan nilai yang cukup baik melebihi inflasi, maka logam mulia dapat dijadikan pilihan dalam berinvestasi. Namun dengan harga per gramnya saat ini, sepertinya Anda harus menabung dahulu untuk beberapa bulan sebelum mulai menukarkan uang Anda menjadi bentuk logam mulia.

Pilihan lainnya adalah instrumen investasi dalam bentuk reksa dana. Saat ini dengan konsep penjualan yang bersifat ritel, Reksadana sudah dapat kita peroleh bahkan dengan setoran awal di harga Rp100 ribu hingga Rp250 ribu, dan demikian pula dengan setoran berikutnya. Reksadana sendiri memiliki beberapa pilihan alokasi dana, yang tentunya disesuaikan dengan profil risiko Anda serta waktu yang dimiliki dalam berinvestasi.

Reksa dana berbasis pasar uang atau Pendapatan tetap bisa dipilih bila Anda merasa tidak berani mengambil risiko, ataupun waktu berinvestasi yang tidak terlalu lama semisal di bawah tiga tahun. Namun bila Anda merasa orang yang berani mengambil risiko, dengan waktu investasi bisa cukup lama minimal untuk tiga tahun, maka reksa dana yang berbasis saham bisa menjadi pilihan.

Atau bila Anda merasa ingin mencoba kedua instrumen investasi tersebut sekaligus mengoptimalkan dan mengamankan dana yang diinvestasikan, tidak ada salahnya apabila sebagian dana Anda dibelikan reksa dana saham, dan sebagian lagi dibelikan logam mulia. Sehingga selain pertumbuhan nilainya cukup tinggi, ada “pengaman” juga seandainya pasar saham sedang kurang bersahabat.

Selamat berinvestasi.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (@Andytrinugroho)

Perencana Keuangan

MRE Financial & Bisnis Advisory

Mitra Rencana Edukasi, PT | Jl. Musi no.33 Cideng Gambir Jakarta Pusat 10150|ph 021-3856722|www.mre.co.id|follow us @mreindonesia

Join “Dare to Dream Indonesia”, our free entry program Coaching & Business mentoring. http://www.facebook.com/pages/Dare-t...ia/11291371265
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links