View Single Post
Old 2nd November 2014, 07:15 AM   #1
Warga Forumku
 
ella13's Avatar
 
Join Date: 1 Nov 2014
Userid: 2766
Posts: 5
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default 5 Jajanan Khas Bandung yang Nikmat

Bandung merupakan tempat yang cocok untuk berwisata kuliner. Berbagai jenis makanan bisa kita temui di pelosok Bandung. Jajanan khas Bandung tersedia dengan cita rasa yang menggugah selera. Berikut ini 5 makanan khas Bandung yang perlu Anda cicipi :

1. Surabi
Makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung ini mirip dengan pancake. Perbedaannya, surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya lebih tebal. Peralatan yang digunakan untuk membakar menggunakan alat sederhana, yaitu dibakar dengan menggunakan tungku diatas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Alat-alat sederhana inilah yang membuat rasanya masih terasa keasliannya.

Sebagai pelengkap, Anda dapat memilih toping untuk campurannya. Toping nangka, coklat keju, coklat, pisang, sosis atau duren. Tetapi jika ingin toping yang unik, Anda dapat mencoba surabi toping oncom. Surabi yang terkenal dari kota Bandung adalah surabi yang berada di Jalan Setiabudi, dekat kampus NHI.

2. Batagor
Singkatan dari bakso tahu goreng, batagor tampil dengan warna kecoklatan setelah digoreng. Adonan ikan dan tepung kanji digoreng yang ditambahkan dengan saus kacang dan perasan jeruk limau, yang akan menamah kenikmatan saat menyantapnya. Kota Bandung memiliki batagor yang menawarkan kelezatan yang telah banyak diakui penikmatnya. Anda dapat mengunjungi batagor Riri yang berada di kawasan Burangrang.

3. Peuyeum
Salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh adalah peuyeum. Jika Anda belum familiar dengan apa itu peuyeum, mungkin makanan yang mirip dan lebih dikenal luas adalah tape. Yaitu singkong yang difermentasikan sehingga rasanya menjadi manis, asam dan beralkohol. Peuyem memang mirip dengan tape, perbedaannya peuyeum lebih kering karena cara pembuatannya sedikit berbeda. Dalam penyajiannya, Anda dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan variasi toping lainnya. Peuyeum yang dapat dicoba ketika berkuliner di Bandung ada di dekat terminal Leuwi Panjang. Beberapa toko kue terkenal di Bandung juga menyediakan variasi dari peuyeum seperti peuyeum molen.

4. Colenak
Colenak merupakan kependekan dari dicocol enak. Makanan ini terbuat dari peuyeum (sejenis tape singkong) yang dibakar. Colenak disajukan dengan parutan gula merah dan kelapa. Makanan ini masih banyak dijual terutama di kawasan utara Bandung. Colenak sekarang banyak diberi variasi topping seperti keju atau cokelat.

5. Cireng
Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan ini terbuat dari tepung kanji (aci) yang digorerng. Cireng sekarang ini banyak diisi dengan bahan lain seperti keju atau sosis dan dinamakan dengan cireng isi. Cireng banyak dijual di penjual gorengan di Kota Bandung. Selain cireng, olahan dari aci lainnya yang banyak dijual di Kota Bandung adalah cilok (aci dicolok).

Memang kota Bandung menawarkan beraneka ragam jajanan lezat dan istimewa seperti brownies, es krim, yoghurt dan lainnya. Namun, sempatkan diri untuk singgah menikmati jajanan lezat tradisional dari wisata kuliner kota Bandung. Jajanan lezat ini dapat dinikmati dalam suasana santai sambil menikmati keindahan kota Bandung. Anda juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk kerabat dan keluarga Anda.

SUMBER 1
SUMBER 2
ella13 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links