View Single Post
Old 2nd November 2014, 10:54 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Galau, Kantongi Rp25 Juta Baiknya Buka Usaha Atau Modal Nikah?

Quote:
NAMA saya Agus. Single. Umur 25 tahun. Tinggal di Cikarang. Sekarang ini saya berprofesi sebagai karyawan swasta sebuah perusahaan yang baru berdiri dengan penghasilan kurang lebih Rp7 juta per bulan. Tiap bulan saya dapat menyisihkan minimal Rp5 juta untuk ditabung. Karena saya baru lulus dan dapat kerja, saat ini saya baru memiliki tabungan sebesar Rp25 juta.

Saya mempunyai target menikah pada umur 26 tahun. Dengan kondisi perusahaan tempat saya bekerja yang masih baru dan belum stabil ada sedikit ketakutan dalam diri mengenai pendapatan saya ke depannya. Sempat muncul ide untuk mengantisipasi hal tersebut dengan membuka usaha laundry (cuci baju) dengan menggunakan uang tabungan yang saya miliki.

Namun di sisi lain ada juga ketakutan jika nanti usaha saya tersebut gagal dan saya tidak punya tabungan lagi. Padahal saya juga harus terus menabung dari sekarang untuk modal menikah.

Saya minta saran dan pendapat dari bapak-ibu mengenai kondisi saya tersebut. Bagaimana jalan yang harus saya tempuh agar semua rencana saya tersebut bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan?

Terima kasih


Jawab:

Dear mas Agus,

Senang mengetahui bahwa tidak lama lagi Anda akan menikah dan sudah melakukan perencanaan pernikahannya sejak jauh hari.

Untuk memudahkan mas Agus dalam melakukan pengaturan keuangan, pertama kali coba estimasikan berapa sebenarnya dana total yang diperlukan untuk melakukan pernikahan yang Anda idamkan ?

Dengan asumsi pernikahan dilakukan setahun ke depan, per bulannya Anda bisa menabung Rp5 juta, berarti ditambah dengan tabungan yang saat ini ada berarti dana yang tersedia tahun depan adalah sekitar Rp85 juta. Bila memang sudah melampaui estimasi, maka bisa dikurangi untuk biaya resepsinya dan tetap dijadikan tabungan Anda, karena yang justru lebih penting adalah kehidupan yang harus dijalani setelah resepsi. Namun bila masih kurang, berarti mas Agus harus mencari tambahan penghasilan lagi agar dapat menabung lebih banyak lagi.

Mengingat waktu pernikahan yang relatif sudah dekat, maka bila ingin berbisnis carilah yang risikonya rendah. Semisal dengan menjadi reseller suatu produk yang tidak mengharuskan Anda membeli dan menyetok persediaan barang. Selain itu, coba alokasikan dana Anda ke instrument investasi lainnya yang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari produk tabungan di bank, semisal reksa dana yang berbasis pasar uang.

Tujuannya adalah agar dana yang sudah dipersiapkan dapat berkembang secara maksimal namun dengan risiko yang relatif kecil dan terukur. Selain itu logam mulia juga bisa digunakan sebagai instrument investasi pilihan lainnya, mengingat kemampuannya untuk melawan inflasi yang lebih baik daripada tabungan bank.

Bila memungkinkan, tidak ada salahnya Anda mulai membeli cincin kawinnya ataupun maharnya dari sekarang, mempertimbangkan bahwa saat ini harga logam mulia sedang turun dan mengantisipasi kenaikan harganya menjelang pernikahan Anda. Jadi paling tidak salah satu kebutuhan pernikahan Anda sudah terpenuhi dahulu.

Selamat merencanakan pernikahan Anda.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (@Andytrinugroho)

Perencana Keuangan

MRE Financial & Bisnis Advisory



Mitra Rencana Edukasi, PT | Jl. Musi no.33 Cideng Gambir Jakarta Pusat 10150|ph 021-3856722|www.mre.co.id|follow us @mreindonesia

Join “Dare to Dream Indonesia”, our free entry program Coaching & Business mentoring. http://www.facebook.com/pages/Dare-t...ia/11291371265
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links