View Single Post
Old 2nd November 2014, 10:53 PM   #1
Sek Des
 
putrikenari's Avatar
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2784
Posts: 349
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Fakta Unik Seputar Burung Kenari

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kimpoi silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikimpoikan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.

Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu.



Berikut ini beberapa fakta unik seputar burung kenari yang didapat melalui sumber lisan dan beberapa media lainnya

1. kenari F2 yorkshire terkecil yang pernah saya lihat panjangnya diperkirakan hanya 12cm.

2. beberapa sumber lisan mengatakan bahwa lagu terpanjang kenari hingga mencapai 01:15 detik.

3. kenari tertua yang pernah saya temui mencapai umur hampir 9 tahun dan masih berproduksi.

4. burung kenari pada awalnya yang berada di alam liar adalah berwarna hijau dan kemudian bermutasi menjadi aneka warna yang dapat dijumpai di tempat pengembangan dan peternakan kenari di dunia bahkan di Indonesia.

5. dalam dunia breeding kenari di Indonesia tercatat sejumlah peristiwa unik, salah satunya adalah superfekundasi. Superfekundasi adalah peristiwa/kemampuan unik yang terjadi pada betina (dalam hal ini burung kenari) penghasil telur yang berhasil menetaskan telurnya tanpa melalui proses pembuahan sperma.

6. kondisi mabung terlama yang pernah saya tahu adalah 1,2 tahun.
betina bertelur terbanyak yang pernah saya temui adalah sebanyak 7 buah telur sekali bertelur.

7. sepasang burung kenari warna kuning menghasilkan 4 anak, 3 diantaranya warna kuning dan 1 diantaranya warna bon cokelat.
beberapa anak kenari lahir dengan selaput di antara jarinya (mirip kaki bebek).

8. 1 ekor jantan burung kenari mampu mengawini 3-20 ekor betina dalam 1 hari.

9. kenari waterslager adalah jenis kenari yang memiliki pendengaran di bawah rata-rata (sedikit tuli) daripada jenis kenari lainnya yaitu kurang dari 4 hz.

10. jika penglihatan manusia berdasarkan atas 3 warna dasar (Red Green Blue) maka dalam burung kenari didasarkan atas 3 dasar warna ditambah 1 warna spektrum ultraviolet sebagai pembentuk insting alami dimana

11. sangat berguna saat ingin bermigrasi dan bereproduksi di alam liar.
Beberapa fakta diatas tidak luput dari beberapa kesalahan, dimungkinkan karena ada kejadian/rekor baru. Namun fakta-fakta di atas memang bukan isapan jempol semata

salam kenari mania.

Source:
- hxxp://id.wikipedia.org/wiki/Burung_kenari
- hxxp://oneven17.blogspot.com/2010/05...ng-kenari.html
- Budidaya Kenari
__________________
Budidaya Kenari
putrikenari is offline   Reply With Quote
Sponsored Links