View Single Post
Old 3rd November 2014, 07:44 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Hari Ini, Menlu Retno Terima Kunjungan Pejabat Jerman dan China



Quote:
VIVAnews - Tepat satu minggu usai dilantik, Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, sudah menerima kunjungan resmi pertama dari pejabat asing. Mereka adalah Menlu Jerman, Frank-Walter Steinmeier, dan Menlu China, Wang Yi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun VIVAnews, Steinmeier akan menemui Retno lebih dulu pada Senin, 3 November 2014 di Gedung Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat. Politisi dari Partai Demokratik Sosial (SPD) itu dijadwalkan tiba di Pejambon pukul 07.30 WIB.

Menurut Duta Besar Republik Jerman untuk RI, Georg Witschel, pada Kamis kemarin, dalam pertemuan pertama ini, kedua Menlu akan berbicara mengenai berbagai bidang kerjasama yang dapat ditingkatkan lagi di era Presiden Joko Widodo.

"Kami lebih akan memfokuskan beberapa bidang yang tertuang dalam Deklarasi Jakarta yang telah diteken oleh Kanselir Angela Merkel dan mantan Presiden SBY tahun 2012 lalu," ujar dia.

Bidang-bidang tersebut yakni perdagangan, investasi dan pengembangan, pendidikan dan kebudayaan, sains dan teknologi, lingkungan, perubahan iklim, kehutanan dan energi yang terbarukan. Namun, Witschel menegaskan, dalam kunjungan Steinmeier, tidak akan dibahas mengenai penjualan senjata.

Steinmeier telah tiba di Jakarta pada Sabtu, 1 November 2014 sore. Agenda resmi dimulai pada Minggu, 2 November 2014, dengan ikut membaur dalam kegiatan hari bebas kendaraan.

"Kemudian sore harinya, dia bertolak menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa untuk melihat kondisi maritim di Indonesia," imbuh Witshcel.

Selain itu, usai bertemu Retno, Steinmeier dijadwalkan akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Witshcel menjelaskan, usai bertemu Presiden Jokowi, Steinmeier akan bertolak ke Gedung Sekretaris Jenderal ASEAN di kawasan Jakarta Selatan.

"Di sana dia akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal, Le Luong Minh, dan menyampaikan pidato berjudul Creating Order out of Disorder-How Europe and Asia Can Work Together in Unsettled World pada pukul 14.00 WIB," ujar Witshcel.

Pada kunjungan kali kedua ke Jakarta itu, kata Witshcel, Steinmeier turut didampingi oleh tiga anggota parlemen dan delegasi pengusaha.

Kunjungan Menlu China

Di hari yang sama pada pukul 14.00 WIB, Retno dijadwalkan bertemu dengan Menlu China, Wang Yi. Menurut informasi dari Atase Pers Kedutaan Besar China di Jakarta, Zhang Yongchao, mantan Duta Besar China untuk Jepang itu tiba di Indonesia pada Minggu malam.

"Dia khusus terbang dari Beijing menuju ke Jakarta untuk berkenalan dengan Menlu Retno," ungkap Zhang yang dihubungi VIVAnews pada Minggu sore, 2 November 2014.

Kunjungan Wang Yi di Jakarta, imbuh Zhang, sangat singkat, yakni hanya satu hari.

"Selama bertemu dengan Menlu Retno, akan ada beberapa isu bilateral yang dibahas," ujar dia.

Usai bertemu Retno, Wang Yi juga direncanakan akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Jokowi. (one)
http://dunia.news.viva.co.id/news/re...rman-dan-china
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links