View Single Post
Old 3rd November 2014, 07:50 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default LIPI Cari Ilmuwan Muda Lewat IEYI



Quote:
VIVAnews - International Exhibition for Young Inventors (IEYI) diselenggarakan hari ini, Kamis 30 Oktober 2014. Kini, Indonesia menjadi tuan rumah dari perhelatan pameran penemuan para remaja dari berbagai negara.

Perhelatan IEYI merupakan hasil dari pertemuan The International Forum of Intelectual Property (IFIP), yang diinisiasi Japan Institute of Invention and Innovation (JIII), pada November 2013, di Tokyo, Jepang.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnain, mengatakan pelakasanaan IEYI sebagai bentuk dukungan terhadap penemuan para remaja di bidang iptek.

"Secara umum, IEYI untuk meningkatkan motivasi remaja dalam menumbuhkembangkan ide-ide kreatif dan inovatif melalui penemuan mereka," ujar Iskandar di Gedung SMESCO Convention Center.

Iskandar melanjutkan, dengan adanya perlombaan tersebut dapat menumbuhkan sikap untuk berani berkompetisi bagi para remaja di ajang internasional.

"Selain itu, juga menjadi wadah bagi mereka untuk saling berbagi pengalaman dan informasi terkait penemuan bidang iptek," kata Iskandar.

Kompetisi IEYI untuk kali ini diikuti peserta dari berbagai belahan dunia, seperti Jepang, Mesir, Nigeria, Taiwan, Hongkong, Filipina, Malaysia, Thailand, India, Iran, dan Indonesia.

"Para peserta merupakan remaja inovator yang berusia maksimal 18 tahun. Mereka terdiri dari individu maupun kelompok dengan maksimal dua inovator," ungkap Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Laksana Tri Handoko.

Perhelatan yang berlangsung 30 Oktober 2014 hingga 1 November ini tak hanya kompetisinya saja yang ditampilkan, melainkan juga inovasi ilmiah LIPI yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Awards (NYIA).

Jumlah temuan IEYI dan Kompetisi Ilmiah LIPI 2014 ada sekitar 202 temuan yang terdiri dari 142 invesi dan peserta nasional sekitar 60 invensi. (asp)
http://teknologi.news.viva.co.id/new...uda-lewat-ieyi
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links