View Single Post
Old 3rd November 2014, 07:58 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default APC dan IFV: Tulang Punggung Batalyon Infanteri Mekanis TNI AD



Quote:
Sesuai tuntutan jaman, taktik dan strategi kemiliteran mengalami dinamika yang menarik untuk dicermati, bila sebelum tahun 2000, TNI AD masih berkutat pada pengembangan light infanteri atau infanteri berjalan, maka kini perlahan namun pasti, TNI AD mulai melengkapi unit tempur infanterinya dengan elemen yang lebih modern, yakni Infanteri Mekanis, atau dalam terminologi saat ini kondang disebut Batalyon Infanteri Mekanis (Yonif Mekanis).

Dalam konsep Infanteri Mekanis, gelaran pasukan infanteri yang di dukung ranpur lapis baja dapat menuju sasaran tempur dengan mobilitas lebih tinggi, terlindungi selama perjalanan, dan sekaligus bisa memberi daya pukul lewat ranpur pembawa infanteri yang telah dipersenjatai. Hingga tulisan ini dibuat, TNI AD setidaknya sudah punya tiga Yonif Mekanis, yakni Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha, Batalyon Infanteri Mekanis 202/Tajimalela serta Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning. Ketiga ada dalam pembinaan Brigade Infanteri-1 PIK/Jayasakti, Kodam Jaya. Ketiga Yonif Mekanis ini mengusung ranpur jenis APC (Armoured Personnel Carrier) Anoa buatan Pindad. Bahkan, kini sedang dalam proses pembentukan Yonif Mekanis yang lebih sangar, yakni Yonif Mekanis 413 Bremoro kostrad yang akan dilengkapi ranpur IFV (Infantry Fighting Vehicle) Marder 1A3 dari Jerman. Lepas dari itu, beberapa Yonif Mekanis di tiap-tiap Kodam juga tengah dipersiapkan.

Guna memenuhi target pembentukan Yonif Mekanis di tiap Kodam tentu perlu upaya keras dari sisi pengadaan. Melihat komposisi yang ada, kekuatan Yonif Mekanis tak melulu berupa panser APC, seperti halnya Anoa yang dibekali SMB (Senapan Mesin Berat) CIS 50 kaliber 12,7 mm atau pelontar granat AGL-40, tapi juga diisi komposisi ranpur beroda rantai. Untuk kategori ini ada IFV Marder 1A3 dan APC M113 A1 yang belum lama di pamerkan saat HUT TNI Ke-69.
http://indomiliter.com/2014/10/13/ap...-ad/#more-4646
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links