View Single Post
Old 3rd November 2014, 09:32 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Westland Wasp Skuadron Udara 400 TNI-AL





Westland Wasp merupakan heli buatan Inggris generasi pertama yg bertenaga turbin gas dengan fungsi anti kapal selam. Dibuat utk memenuhi persyaratan Royal Navy akan heli yg cukup muat untuk mendarat di dek Frigat dan mampu mengusung 2 buah torpedo. Heli ini dibuat oleh pabrikan Westland Helicopters di Inggris dgn penerbangan pertama pada 28 Oktober 1962 dengan 2 awak yaitu pilot dan kru udara.
TNI-AL memiliki 10 unit heli jenis ini dibawah Skuadron Udara 400 Anti Kapal Selam Penerbal, yg ditempatkan di dek Kapal Perang jenis Frigat KRI Ahmad Yani dan KRI Hasanudin. Heli ini memiliki sejumlah keunikan yaitu : memiliki roda pendarat yg dapat digerakan ke segala arah guna memudahkan saat berada di dek kapal perang. Keunikan berikutnya yaitu mesin yg tampak terbuka dan tidak tertutup seperti heli pada umumnya. Keunikan terakhir heli ini memiliki ekor yg dapat dilipat.
Saat ini heli tersebut telah non aktif dari Skuadron Udara 400 Penerbal sejak 1998, dan salah satu heli tersebut masih bisa kita jumpai sebagai monumen di depan markas TNI-AL Surabaya. Heli pengganti wasp yg dipilih TNI-AL saat ini adalah Eurocopter AS-565 Panther. Saat ini heli masih dalam tahap pemesanan, diharapkan dapat segera memperkuat Skuadron Udara 400 AKS Penerbal.
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links